Foto: Anadolu

Para Turis Peringati Kematian Jalauddin Rumi

Turis lokal dan asing tengah berkumpul di Turki tengah untuk memperingati kematian 745 Mevlana Jalaluddin al-Rumi – seorang Sufi, penyair, dan ulama Sufi abad ke-13.

Acara untuk memperingati ulang tahun meninggalnya Rumi, yang dikenal sebagai “Sheb-i Arus” (malam penyatuan), dimulai pada 7 Desember di provinsi Anatolia, Konya, di mana dia dimakamkan.

BACA JUGA: Ketika Syekh Memerintahkan Rumi Membeli Khamr

Ugur Ibrahim Altay, wali kota Konya Metropolitan Municipality, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa kota ini menjadi tuan rumah bagi penduduk setempat dan turis dari setiap bagian dunia.

“Mudah-mudahan, acara final akan diselenggarakan di Sheb-i Arus pada 17 Desember dengan partisipasi dari presiden Turki,” kata Altay.

Maulana atau Mevlana

Rumi sangat dikenang oleh pengikutnya di Turki sebagai Mevlana – yang berarti sarjana. Dia adalah seorang penyair sufi dan filsuf yang lahir di Afghanistan saat ini.

Setelah kematiannya pada tahun 1273, pengikut Rumi mendirikan Ordo Mevlevi, juga dikenal sebagai Ordo Darwis Berputar, terkenal karena tarian Sufi yang dikenal sebagai upacara Sema.

BACA JUGA: Mengapa Penari Sufi Tidak Pusing Meski Terus Berputar?

Setiap tahun, upacara peringatan internasional yang menandai ulang tahun persatuan Rumi dengan Tuhan diadakan di Konya antara 7-17 Desember sebagai penghormatan kepada sang cendekiawan Muslim. []

SUMBER: ANADOLU AGENCY


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Saudi Sepi karena Virus Corona, TKI Alman: Supir Taksi Nangis ke Saya 

Jalanan yang biasanya ramai dan macet oleh kendaraan, saat ini terlihat kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *