Foto: AFP

Parlemen Zimbabwe Akan Hentikan Jabatan Mugabe

Parlemen Zimbabwe akan melakukan pemakzulan terhadap Presiden Zimbabwe Robert Mugabe pada Selasa (21/11/2017). Ia dapat digulingkan pekan ini setelah kudeta yang dijuluki “Operation Restore Legacy” dilakukan oleh militer.

Proses ini memakan waktu dua hari. Mugabe dituduh mengizinkan istrinya merebut kekuasaan konstitusional.

Pemakzulan akan menjadi akhir yang memalukan bagi karier sang “Grand Old Man” di dunia politik Afrika.

Mugabe pernah dipuji sebagai pahlawan anti-kolonial dan satu-satunya pemimpin Zimbabwe yang dikenal sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1980.

seperti dilansir BBC, Selasa (21/11/2017), pemimpin militer yang pekan lalu turun tangan, mengatakan akan segera bertemu dengan mantan wakil presiden yang diasingkan. Emmerson Mnangagwa melarikan diri dari Zimbabwe setelah Mugabe memecatnya. Keputusan Mugabe ini dinilai sebagai cara memuluskan jalan istrinya menjadi presiden Zimbabwe.

Sikap Mugabe ini membuat militer memberlakukan tahanan rumah terhadap presiden berusia 93 tahun tersebut.

Pada Ahad (19/11/2017), meski mendapat tekanan kuat, Mugabe mengejutkan banyak orang karena menolak mengundurkan diri. Dalam pidato tersebut dia juga berjanji akan memimpin kongres partai Zanu-PF bulan depan.

“Dia adalah orang yang keras kepala, dia dapat mendengar suara rakyat, namun menolak mendengarkannya,” ujar anggota parlemen Paul Mangwana.

Pemakzulan di Zimbabwe hanya dapat terjadi dalam skenario tertentu, yakni karena melakukan kesalahan yang serius, pelanggaran terhadap konstitusi atau kegagalan untuk mematuhi, menjunjung tinggi atau mempertahankan konstitusional.

Tuduhan utama untuk Mugabe adalah karena dia telah mengizinkan istrinya merebut kekuasaan konstitusional saat dia tidak memiliki hak menjalankan pemerintahan.

“Dia menolak menerapkan undang-undang dasar Zimbabwe, terutama kami memiliki pemilihan untuk dewan provinsi, namun sampai saat ini mereka belum dipekerjakan,” kata Mangwana. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *