yusril yakin hti menang gugatan
Foto: Tribunnews

Pascaputusan PTUN, Yusril: Eksistensi HTI Tetap Diakui, Organisasi Terlarang Itu Cuma PKI

Kuasa Hukum Hizbut Tahrir Indonesia Prof Dr Yusril Ihza Mahendra menyebut putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menegaskan bahwa eksistensi HTI tetap diakui sepanjang untuk melakukan upaya hukum.

“Tidak pernah ditetapkan sebagai organisasi terlarang,” tegas Yusril Ihza Mahendra di kantor Ihza & Ihza Law Firm, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (4/6/18).

Dalam acara konferensi pers itu, Yusril menegaskan bahwa tidak pernah ada dalam putusan pengadilan yang menyatakan HTI adalah organisasi terlarang.

Menurut Yusril, satu-satunya organisasi terlarang di Indonesia hanyalah Partai Komunis Indonesia (PKI) berdasarkan TAP MPRS No. 25 Tahun 1966.

“Partai Masyumi pun tidak pernah ditetapkan sebagai partai terlarang, tapi kalau dibubarkan, iya. Dengan demikian, tidak ada seorang pun yang dapat melarang HTI, atau menyatakan HTI sebagai organisasi terlarang,” tegas Yusril seperti dikutip panjimas.

Seperti diketahui, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) telah menjatuhkan putusan yang menolak seluruh gugatan HTI.

Artinya, Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 Tahun 2017 tentang Pencabutan Status Badan Hukum HTI dinyatakan tetap berlaku. []


Artikel Terkait :

About matiar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *