Unik, Informatif , Inspiratif

Passing Grade CPNS Tak Mungkin Turun

0 127

Sejak dahulu seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengharuskan pesertanya menjalani seleksi ketat sejak tahap penyaringan awal. Tahun ini, CPNS 2018 menjadi sorotan publik karena tingkat seleksinya yang seleksi yang terdiri atas: Tes Karakteristik Pribadi (TKP) saat ini merupakan salah satu materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sejumlah peserta SKD yang menilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP) cukup sulit dengan nilai ambang batas yang sangat tinggi, sehingga banyak peserta tidak lulus. Hal ini menimbulkan banyak silang pendapat. Meski demikian pemerintah tak mungkin menurunkan passing grade.

BACA JUGA: Peserta CPNS Kecewa dengan Tes SKD Kali Ini

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan, pemerintah sedang mencari alternatif untuk mendapatkan peserta tiga kali formasi dalam SKD. Tujuannya untuk mengisi kekosongan formasi.

“Alternatif tersebut mungkin tidak dengan menurunkan Passing Grade karena Passing Grade tersebut sudah batas minimum,” kata Bima.

BACA JUGA: 2 Joki CPNS Kemenkumham di Makassar Terciduk

Bima Haria mengatakan banyak peserta yang mendapatkan nilai tinggi dalam materi lain tetapi tidak memenuhi Passing Grade salah satu item SKD.Jadi mungkin bisa diberikan sistem rangking. Enurut Bima alternatif ini untuk memenuhi formasi bidang pendidikan dan kesehatan.[]

SUMBER: DREAM

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline