Unik, Informatif , Inspiratif

Paten adalah Hal Penting

0 5

Di dunia yang bergerak ini, semakin lama, menampung banyak penemuan. Konon inovasi-inovasi baru lahir dari kemalasan. Yup, orang malas selalu mencari akal untuk menopang kemalasannya. Hari ini kita bisa temui inovasi ‘penopang kemalasan itu’. Semacam Go food, pesan apapun lewat internet. Bahkan menghadapi dunia dengan industri 4.0, sepertinya kita akan hidup ‘nampak’ semakin mudah.

BACA JUGA: Ibu, di Balik Sukses Thomas Alva Edison

Semuanya karena inovasi. Pada 2009 para penemu AS menerima hampir 53.000 paten, sementara dari negara lain menerima setengahnya lebih. Pada tahun 1900, kurang dari 15% paten AS diberikan pada warga negara non AS.

Namun tetap saja tak ada paten universal karena standard nasional – termasuk definisi apa yang dapat dipatenkan- beragam. Menurut US patent and Trade Mark Office, paten global tak mungkin terlaksana dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Inilah Ilmuwan Penemu Mesin ATM

Di AS ada 1,2 aplikasi yang tertunda. Kini konggres berusaha menyingkat sistem Brian Pomper, yang inovasi alliencenya mewakili perusahaan kecil yang sedang mencari paten baru. Aplikasi paten yang tertunda tentu saja menjadi hambatan perekonomian. Sebab setiap penemuan mempunyai potensi untuk menciptakan lapangan kerja dan defisa negara. []

SUMBER: NATIONAL GEOGRAPHIC

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline