Unik, Informatif , Inspiratif

Patut Dicontoh! Desa Ini Terapkan Sanksi Bagi Perokok

0

 

 

, Patut Dicontoh! Desa Ini Terapkan Sanksi Bagi Perokok
Foto: Desa Bone-bone beri sanksi bagi perokok (Indonesia unik)

INSPIRADATA. Saat ini banyak negara yang sedang gencar-gencarnya membuat kebijakan mengenai rokok, seperti memberikan denda kepada perokok yang meroko di muka umum. Bahkan di Indonesia sendiri mencantumkan peringatan seperti “Merokok membunuhmu”.

Hal ini bukan tanpa alasan. Rokok merupakan salah satu penyebab kanker paru-paru yang merenggut banyak nyawa.

Namun permasalahan rokok ini begitu kompleks yang mempengaruhi industri rokok dan perokok yang teguh pada pendiriannya untuk merokok dengan alasan ‘merokok mati, tidak merokok mati, ya mending merokok sampai mati’ dan banyak alasan lainnya.

Dilansir oleh Goodnewsfromindonesia, terdapat sebuah desa yang terletak di Sulawesi Utara, yang bernama Desa Bone-Bone yang berhasil menekan angka perokok hingga 99%. Lebih hebatnya lagi, desa ini pun mendapat predikat sebagai salah satu desa dengan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Desa Bone-bone dengan penduduk lebih dari 800 jiwa, telah menetapkan larangan merokok semenjak tahun 2000.

Semenjak penetapan larangan merokok ini, tantangan paling sering ditemui adalah mempertahankannya, belum lagi jika dari dalam desa sudah berhasil mematuhi peraturan tersebut, namun para perantau yang masih belum terbiasa tetap menyalakan rokok d dalam desa. Beberapa sanksi sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi hal itu. Sanksi awal adalah teguran, hal ini hanya berlaku untuk perantau yang datang kembali ke desa, namun setelahnya adalah sanksi sosial seperti membersihkan masjid, memperbaiki jalanan yang rusak untuk kepentingan umum dan lain sebagainya.

Dan hukuman seperti itu, cukup ampuh membuat para perantau untuk tidak meroko lagi di desa tersebut. Di dalam desa pun sudah banyak baliho, spanduk dan media lain yang dengan jelas mengisaratkan untuk tidak merokok karena desa tersebut merupakan kawasan tanpa rokok.

BACA JUGA: 

Seperti se-Paket, Rokok dan Kopi, Kenapa ya?

Perokok Pasif? Rasakan Ini!

Selain Desa Bone, ternyata terdapat beberapa desa bebas asap rokok Di Indonesia seperti, Kampung Gunung Cairu di Jawa Barat, Desa Sitiug di Sumatera Barat, dan dusun Al Muhajirun di Lampung.

Denagn adanya desa-desa bebas asap rokok di Indonesia semoga menjadi contoh untuk daerah lainnya yang ada di indonesia untuk hidup sehat. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.