kreatif
kreatif (foto: nadadesain)

Awas! Pekerja dengan Kreativitas Berpotensi Terjangkit Bipolar

kreativitas
kreativitas (foto: nadadesain)

INSPIRADATA. Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas berpikir yang tinggi rawan gangguan kejiwaan bipolar. Mereka dengan profesi tertentu pun perlu memperhatikan kesehatan jiwanya, pekerjaan yang butuh kreatifitas seperti penulis adalah salah satunya.

“Harus kita waspadai karena profesi-profesi tertentu yang malah hidup bersama dengan bipolar,terutama ketika fase manik,” kata Ketua Perhimpunan Kedokteran Jiwa Indonesia, Nova Riyanti Yusuf, Kamis (30/03/2017), lansir Republika.

Ia menyebutkan profesi-profesi bidang kreatif seperti melukis, penulis, hingga pekerjaan yang membutuhkan intensitas kreativitas berpikir yang tinggi yang bisa terkena gangguan ini. Ia memberi contoh orang dengan bipolar seorang pelukis dalam fase manik saat melukis merasa mendapat energi besar, inspirasi karena memiliki banyak ide, akhirnya tidak butuh tidur.

Selan dari itu, pekerjaan bergaji besar pun menjadi salahsatu sebab bipolar terjangkit.

Si penderita, kata dia, merasa produktivitasnya keluar dan merasa berhasil. Ia menjelaskan, terkadang orang itu menerima bipolar untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ia menceritakan pernah menangani pasien bipolar yang justru marah ketika diobati.

Akibat dalam kondisi ini, kata dia, penderita tidak rasional dalam membelanjakan uang. Ia menambahkan, penyakit gangguan bipolar merupakan penyakit yang bersifat kronik, serius, dan sering berpotensi fatal. Namun, kata dia, dengan adanya diagnosis yng tepat serta terapi berkelanjutan, bipolar dapat dikendalikan.

Orang dengan bipolar Budi Putra yang berprofesi sebagai advisor perusahaan teknologi informasi membenarkannya. Ia mengaku tagihan kartu kreditnya sempat hingga jutaan rupiah karena ia membelanjakannya tanpa kontrol.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *