Foto: Tribun Jabar

Pelajar Non-Muslim Bersihkan Masjid Agung Purwakarta

Foto: Tribun Jabar

INSPIRADATA. Pelajar nonmuslim di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (23/12/2016) melakukan kerja bakti bersihkan lingkungan Masjid Agung Purwakarta.

Aksi ini sebelumnya diawali oleh pelajar muslim Purwakarta, yang juga melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar gereja menjelang perayaan Natal.

Para pelajar nonmuslim itu sebagian berasal dari SMA Negeri 1 Bungursari dan SMA Yos Sudarso Jalan Veteran. Aksi mereka dipandu guru pendidikan agama Kristen, Rugun Silalahi, 48. Agenda itu juga sekaligus bagian dari jelang Natal umat Kristen.

“Jadi ini kami ikut bantu-bantu bersihkan halaman mesjid saja, yang datang perwakilan pelajar Kristen,” ujar Rugun saat ditemui tengah membersihkan halaman mesjid.

Aksi “bebersih” ini, lanjut Rugun, digelar menyusul keluarnya imbauan dari Sekretaris Pendidikan Agama Kristen. Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan tanpa ada paksaan. Para pelajar nonmuslim yang hari ini datang berpartisipasi tersebut tergerak atas kesadaran pribadi tanpa paksaan secara institusi.

“Kita menerima surat imbauan dari Sekretaris Pendidikan Agama Kristen, kemudian saya sampaikan kepada pelajar yang saya asuh, hari ini 10 siswa saya mengikuti kegiatan bersih-bersih masjid ini,” kata dia, lansir Antara.

Rugun yang juga tercatat sebagai Guru SMAN I Bungursari itu menyatakan, kegiatan sejenis secara berkesinambungan akan terus dilaksanakan. Ia menilai, kegiatan tersebut cukup bagus untuk menumbuhkan sikap toleransi sejak dini, khususnya di kalangan pelajar. []


Artikel Terkait :

About Sodikin

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *