Unik, Informatif , Inspiratif

Pelupa? Luangkan Waktu 10 Menit untuk Tajamkan Ingatan

0

Para ilmuwan dari Universitas California belum lama ini mempelajari hubungan antara bagian otak yang menyimpan memori dengan aktivitas fisik.

Percayakah, dengan berolahraga beberapa menit setiap harinya demi memperoleh ingatan yang lebih tajam?

BACA JUGA: Olahraga saat Perut Kosong, Sehatkah?

Ternyata, dengan berolahraga 10 menit setiap hari, seseorang tidak akan mudah pikun dan kehilangan kemampuan kognitif. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat, cukup yoga atau jalan santai. Karena yang diperlukan meluangkan waktu sebentar untuk menjaga ketajaman memori.

Pada otak responden yang rajin berolahraga peneliti menemukan komunikasi lanjut antara hippocampus, yakni bagian penting otak dalam menyimpan memori, dengan area cortical otak. Area ini terlibat dalam proses pengumpulan kembali ingatan.

Dari studi itu ditemukan bahwa olahraga ringan 10 menit sehari dapat menjaga daya ingat. Anda bisa memilih yoga, tai chi, ataupun sekadar jalan-jalan santai.

BACA JUGA: Ini Olahraga yang Bisa Bakar Banyak Kalori

Telah dipublikasikan dalam The Proceedings of The National Academy of Sciences. Jika jalan-jalan sore saja sudah bisa memberikan manfaat.

Menurutnya efek dari ketajaman ingatan juga tergantung pada frekuensi olahraga, usia, level mobilitas, potensi disabilitas, serta faktor gaya hidup.

Selain memeriksa daya ingat, para responden juga diamati perubahan suasana hatinya. []

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.