Pemalu? Jangan Malu, Ini keistimewaanmu….

Sifat manusia itu beragam. Ada yang agresif, ada pula yang pemalu. Kadang kala karena sifat pemalu dalam diri, seseorang sulit sekali berkembang meraih kesuksesan. Apakah hal itu sepenuhnya benar?

Dilansir dari Detik Indonesia, University of California Berkeley di California Amerika melakukan sebuah penelitian tentang sifat-sifat yang dimiliki para pemalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemalu sebenarnya memiliki pesona yang luar biasa.

Penelitian pertama dilakukan oleh para peneliti dengan cara melakukan eksperimen. Yaitu berupa panel juri, semacam rubrik untuk menilai orang-orang yang terlihat gugup atapun canggung dan salah tingkah.

Dari hasil eksperimen ini dihasilkan bahwa dari sifat pemalu akan menghadirkan perilaku seperti sering menghindari tatapan mata dari orang lain, memiringkan kepala ke satu bagian, tersenyum dengan gugup, atau menyentuh wajah dengan tujuan menyembunyikannya.

Dari hasil eksperimen tersebut diambil kesimpulan bahwa para pemalu ternyata lebih dapat dipercaya.

Disamping mudah dipercaya dari kesimpulan ini dapat dikatakan bahwa orang yang pemalu lebih mudah di ajak berkerja sama dan mempunyak saya tarik yang atraktif.

Eksperimen dibuktikan dengan menunjukkan daftar foto-foto orang dengan wajah pemalu, kemudian partisipan diminta untuk memilih daftar dari foto-foto tersebut sebagai kelompok belajar bersama.

Ternyata dari banyak partisipan yang memilih wajah orang dengan ekspresi pemalu sebagai partner dalam kelompok belajar yang mereka inginkan.

Sepertinya orang dengan sifat pemalu akan memperoleh hal yang manis dan tentunya positif. Hasil penelitian ini seyogyanya dapat memberikan motovasi dan membantu menentukan sikap yang harus Anda pilih.

Karena itu jika Anda termasuk orang yang memiliki sifat pemalu seperti di atas, maka hendaklah tidak menjadikan rasa malu itu sebagai kekurangan, tetapi hendaklah memanfaatkannya dengan sebaik mungkin sebagiai potensi diri, anugerah, sekaligus asset termahal yang dapat dugunakan untuk membantu sesama.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

sumber protein wanita

Pilih Menu Makanan Kukus untuk Berbuka, yuk!

Waktu buka puasa adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Akhirnya, Anda bisa makan dan minum lagi setelah hampir seharian menahan rasa lapar dan haus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *