Unik, Informatif , Inspiratif

Pemberian ASI Menjadi Faktor Berat Badan Bayi?

0

Saat sedang melakukan penimbangan berat badan secara rutin, namun berat badan bayi tidak naik, mungkin ibu akan merasa heran. Karena salah satu faktor yang menentukan perkembangan bayi adalah berat badan.

Pemberian ASI kepada bayi sangat dianjurkan. Karena dengan memberi ASI, bayi akan tumbuh dengan cepat pada dua hingga tiga bulan pertama kehidupannya.

BACA JUGA: Mengapa Bayi Senyum Saat Tertidur?

Saat bayi sudah bisa mendapatkan Makanan Pengganti ASI (MPASI), tentu pemberiannya juga perlu diperhatikan.

Ketika memasuki usia 8 bulan, bayi bisa diberi bubur nasi tetapi lauknya harus dihaluskan. Lalu, pada usia 10 bulan bayi bisa diperkenalkan dengan nasi tim dengan lauk dihaluskan.

Menurut dr. Dominggus, ada beberapa kesalahan yang dialami oleh prang tau saat pemberian makanan padat. Misalnya, saat bayi menangis, padahal saat bayi menangis belum tentu bayi merasa lapar.

Tidak hanya itu, pemberian makanan terlalu dini justru membuat makanan tidak diserap oleh tubuh dan dibuang dengan percuma.

BACA JUGA: Bagaimana Hukum Adzan di Telinga Bayi Baru Lahir?

Penyebab tidak naiknya berat bayi bisa datang dari masalah kesehatan yang ia derita. Misal, bayi mengalami masalah pencernaan seperti diare atau refluks.

Atau saat menyusui, bayi kerap sesak nafas sehingga membuatnya tidak mampu menerima ASI yang banyak. Hal ini perlu ada penanganan agar si kecil mendapat nutrisi yang cukup.[]

SUMBER: KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.