Registrasi Ulang
Foto: Oketekno.com

Pemblokiran Kartu SIM Akan Dilakukan dalam 3 Tahap, Ini Penjelasannya

Mulai kemarin, Selasa 31 Oktober 2017, registrasi ulang kartu SIM resmi dibuka. Jika belum didaftarkan, kartu SIM akan diblokir sesuai waktu yang telah ditentukan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi No. 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, provider wajib melakukan pemblokiran layanan bagi pelanggan prabayar yang datanya belum tervalidasi.

Ditambah, apabila mereka tidak meregistrasi ulang sesuai dengan waktu yang ditentukan, yakni dari 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018.

Pemblokiran kartu SIM ini tak dilakukan secara sekaligus. Penutupan layanan telekomunikasi ini akan dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama, jika tak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 hari kalender sejak pemberitahuan registrasi ulang oleh penyelenggara jasa telekomunikasi, akan dilakukan pemblokiran layanan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat (SMS) keluar.

Tahap kedua, jika registrasi tak dilakukan 15 hari setelah pemblokiran tahap pertama, akan dilakukan pemblokiran telepon masuk dan SMS masuk.

Tahap ketiga sekaligus terakhir, jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 hari setelah pemblokiran tahap kedua, layanan data internet akan diblokir. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *