pasar murah ramadan
pasar murah ramadan

Pemerintah Berharap Pasar Murah Ramadan Tekan Inflasi di Manado

INSPIRADATA. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Hanny Wajong di Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengadakan pasar murah Ramadan 2017.Demikian disitat dari Antara, Kamis (8/6/2017).

“Saya berharap pasar murah Ramadan dapat menekan angka inflasi Kota Manado bulan Juni,” kata Hanny.

Hanny pun menjelaskan bahwa biasanya, akan ada lonjakan harga sejumlah kebutuhan pokok pada saat menjelang Lebaran, dan dipastikan akan memicu inflasi.

Namun pasar murah Ramadan yang dilakukan di 15 kabupaten dan kota di Sulut bisa menekan inflasi Manado agar tidak tinggi.

“Dalam pasar murah Ramadan, ada beberapa kebutuhan pokok yang dijual dengan harga jauh lebih murah dibandingkan harga pasar,” katanya.

Sejumlah kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah Ramadhan kali ini yakni beras 20 kg dengan harga Rp 180 ribu, minyak goreng Rp 20 ribu untuk dua liter, tepung terigu Rp 7 ribu per kg, mentega 200 gram seharga Rp 5 ribu, mentega kaleng satu kg seharga Rp 40 ribu.

“Harga tersebut lebih murah sekitar 10 hingga 15 persen dari pasar tradisional maupun swalayan,” katanya. Rencananya, pasar murah Ramadan tahun 2017 akan dilakukan di 15 kabupaten dan kota dan tersebar di 20-25 titik padat penduduk yang merayakan Lebaran.

Sehingga, katanya, masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbelanja di Pasar Murah Ramadan. “Jika masyarakat belanja di kegiatan pasar murah, bisa mengurangi biaya belanja dalam menghadapi Lebaran,” jelasnya.

Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo memperkirakan hari raya Lebaran atau Idul Fitri dan pengucapan syukur masyarakat Minahasa pada Juni 2017 akan memicu inflasi Kota Manado.

“Memasuki Juni 2017, BI memperkirakan tekanan inflasi Sulut akan mengalami peningkatan,” katanya.
Hal tersebut dipengaruhi oleh lonjakan permintaan jelang hari raya Idul Fitri dan hari raya pengucapan syukur, yang belum mampu direspons sepenunya dari sisi suplai. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *