Unik, Informatif , Inspiratif

Pemerintah Prancis Larang Siswa Bawa Ponselnya

0

Pemerintah Prancis melarang seluruh siswa tingkat sekolah dasar dan menengah membawa ponsel.

Dilansir AFP, Senin (3/9/2018), aturan baru ini merupakan janji kampanye Presiden Emmanuel Macron yang terpilih pada Mei 2017 lalu.

BACA JUGA: Taman Hiburan di Prancis Ini Latih Gagak Jadi Petugas Kebersihan

Larangan ini mengacu pada undang-undang yang disahkan Juli lalu. Di dalamnya temuat juga larangan penggunaan tablet dan jam tangan pintar atau smart watch untuk sekolah dasar dan menengah.

Sedangkan bagi sekolah menengah atas, dengan usia siswa berkisar 15-18 tahun, larangan ini tidak menjadi kewajiban, yakni bisa berlaku total maupun sebagian.

Tanggapan positif

Para pendukung kebijakan ini menilai larangan penggunaan ponsel akan mengurangi gangguan yang terjadi di kelas serta mendorong para siswa untuk lebih aktif secara fisik selama jam istirahat.

Hampir 90 persen warga Prancis di usia 12 – 17 tahun dan pendukung larangan tersebut berharap, kebijakan ini bisa membatasi penyebaran konten kekerasan dan pornografi di kalangan anak-anak.

“Saya pikir itu hal yang baik,” ujar Marie-Caroline Madeleine (41), salah satu orang tua murid di Paris kepada AFP.

Menteri Pendidikan Prancis Jean-Michel Blanquer memuji undang-undang tersebut dan menyebutnya sebagai undang-undang abad ke-21.

“Menjadi terbuka untuk teknologi masa depan tidak berarti kita harus menerima semua penggunaan mereka,” kata Blanquer dalam sidang RUU tersebut di Parlemen pada Juni lalu.

BACA JUGA: Kemenangan Prancis: Simbol Menuju’Pemberantasan’ Xenofobia dan Islamofobia

Dalam kampanyenya, Presiden Macron menjajikan reformasi luas di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Tahun lalu, Pemerintah Prancis juga telah mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan perusahaan Prancis membuat aturan pembatasan email kerja terkait pekerjaan di luar kantor. []

SUMBER: AFP | KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline