Unik, Informatif , Inspiratif

Pemerintah Tak Tetapkan Tsunami Sulteng Jadi Bencana Nasional, Ini Sebabnya

0

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah tak menetapkan status bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi tengah, sebagai bencana nasional.

BACA JUGA: Sempat Tak Ada Kabar, Begini Kondisi Pasha dan Istri Pasca-gempa dan Tsunami Palu

Sebabnya, pemerintahan daerah di wilayah Sulawesi Tengah masih berjalan. Kondisi ini berbeda dengan situasi yang terjadi saat bencana yang sama terjadi di Aceh pada 2004.

“Kalau ditetapkan bencana nasional itu salah satu sebabnya kayak di Aceh kalau pemerintahnya lumpuh. Di sana (Palu) gubernur masih ada, bupati masih ada, (pemerintahan) masih jalan,” kata Kalla, yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), di Kantor PMI, Ahad (30/9/2018).

Kalla menjelaskan, tidak adanya status bencana nasional bukan berarti pemerintah pusat lepas tangan dalam menangani korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Ia memastikan, tidak ada perbedaan perlakuan antara bencana yang berstatus becana nasional mau pun tidak. “Pemerintah membantu sepenuhnya sama dengan terjadi bencana di mana saja, tidak ada perbedaan,” ujar Kalla.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

BACA JUGA: Akibat Gempa dan Tsunami di Palu, 16 Ribu Warga Hidup di Pengungsian

Gempa tersebut menyebabkan gelombang tsunami yang terjadi di Pantai Palu dengan ketinggian 0,5 sampai 1,5 meter, pantai Donggala kurang dari 50 sentimeter, dan Pantai Mamuju dengan ketinggian 6 sentimeter.

Hingga Ahad siang, BNPB mencatat terdapat 832 korban meninggal dunia dalam bencana tersebut. []

SUMBER: KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.