10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah
foto: HDWallpaperNU

Pemkot Bandung: Ramadan Bukan Sebatas Seremonial

INSPIRADATA. Pemkot Bandung berharap, pelaksanaan ibadah ramadhan tak hanya sebatas seremonial.

Hal tersebut disampaikan, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan tausiyah dalam Acara Tabligh Akbar Menyambut Ramadhan, atau juga yang biasa di sebut tarhib ramadhan di RW 07 Komplek Bumi Panyileukan Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, belum lama ini.

Menurut Oded, kegiatan ini tidak seharusnya menjadi sebatas formalitas saja. Namun, esensi bulan Ramadhan juga harus dipersiapkan sejak sekarang.

“Melaksanakan tarhib ramadhan, menyambut bulan ramadhan bagus, tapi saya berharap tidak hanya sebatas seremonial saja,” ujar Oded, lansir¬†Republika.

Oded mengatakan, keistimewaan bulan ramadhan ini ada lima keistimewaan yang merupakan program-program dari Allah SWT. Pertama, Ramadhan merupakan syahrul tarbiyah, menandakan bulan pembinaan untuk umat Muslim.

“Syahrul tarbiyah, bulan pembinaan untuk umat Islam dengan dilarangnya kita berbuat macam-macam dosa, dilarang berkata kasar, dilarang emosi, dilarang berhubungan suami-istri,” kata Oded.

Menurut Oded, Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Alquran. Keistimewaan kedua, disebut syahrul quran, bulan diturunkannya Alquran.

Oded pun melanjutkan dengan menceritakan betapa berharganya ramadhan karena adanya lailatul qadar dalam bulan ramadhan. “Yang ketiga adalah lailatul qadar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan, terutama bagi mereka yang bermalam di Masjid,” kata Oded.

Oded juga mengajak masyarakat agar saling memaafkan, dan memohon ampunan kepada Allah SWT karena bulan ramadhan dibukakan pintu-pintu maaf dari Allah SWT. “Yang keempat, syahrul maghfirah ketika dibukakan pintu-pintu ampunan Allah SWT,” kata Oded.

Terakhir, kata Oded, bulan ramadhan ini merupakan bulan yang penuh berkah. Keistimewaan kelima, syahrul barokah. Yakni, bulan yang penuh berkah. “Oleh karena itu kita patut berbahagia,” kata Oded.

Menurut Oded, program-program yang telah dipersiapkan Allah SWT itu perlu dilaksanakan oleh semua umat muslim. Karena, kalau 20 hari sebelum bulan ramadhan sudah ada acaranya, tapi program-program Allah tidak direncanakan maka sama saja bohong.

Oded pun, mengajak semua masyarakat Cipadung untuk membangun kecerdasan spiritual. “Mari kita ama-sama membangun kecerdasan spiritual kita karena itu sangat,” kata Oded. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *