Foto: Tribun Jateng - Tribunnews.com

Pemkot Solo Imbau Masyarakat untuk Matikan Lampu 1 Jam Sabtu Depan

Foto: Tribun Jateng – Tribunnews.com

Switch Off atau gerakan mematikan lampu selama satu jam akan kembali dilakukan Kota Solo pada peringatan Earth Hour, 25 Maret 2017. Seluruh rumah warga, instansi pemerintahan, dan swasta juga diimbau untuk berpartisipasi dalam gerakan tersebut.

Surat edaran (SE) Nomor 660.1/821 tentang Earth Hour dikeluarkan Pemkot tanggal 21 Maret 2017. Isinya adalah imbauan untuk mematikan lampu, minimal pada bagian depan dan lobi bangunan.

“Kita ingin melibatkan masyarakat sebanyak-banyaknya. Ini kita gelar Earth Hour dalam rangka efisiensi energi dan perubahan gaya hidup manusia,” Ujar Vitriaman, Kabid Penaatan Hukum dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta pada Kamis (23/3/17) seperti dilansir detik.com.

Di Solo, kampanye matikan lampu ini sendiri sudah berlangsung selama enam tahun. Tahun ini, puncak acara tersebut akan diselenggarakan di mal Solo Paragon.

“Dimulai jam 19.00 WIB tapi acara switch off dimulai 20.30 WIB hingga 21.30 WIB,” kata Vitriaman.

Ahmad Dhafir, Koordinator acara, mengatakan, Earth Hour adalah kampanye #SejutaAksi. Bukan hanya aksi Switch Off, masyarakat juga diajak untuk mengurangi konsumsi kantong plastik agar kita dapat menyelamatkan bumi.

“Gerakan ini mengajak individu untuk membuat kantong belanja dari kaus bekas. Kita sudah beberapa kali membuat workshop pembuatan tas, bisa untuk belanja dan fashion,” ujar Vitriaman.

Earth Hour juga mempunyai komunitas di Solo. Komunitas Earth Hour Solo juga berencana untuk melakukan konservasi atau pemeliharaan alam di Solo. “Seperti di Bali dan Nusa Tenggara ada adopsi koral sebagai upaya melestarikan koral. Terus di sekitar pantai ada adopsi mangrove. Di Solo belum bisa, masih dalam tahap penelitian, konservasi apa yg akan dilaksanakan di Solo,” tutup Vitriaman.  []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *