Unik, Informatif , Inspiratif

Pemprov Jabar Beli Alat Pengolah Sampah untuk Bersihkan Citarum

0 51

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membeli 50 mesin insinerator (alat pengolahan sampah yang melibatkan pembakaran bahan organik) yang akan diletakkan di 50 titik di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum untuk mengatasi permasalahan sampah.

Namun, jangka waktunya tidak akan permanen. Sebab jika sudah terbentuk budaya tidak membuang sampah dan memilah sampah di masyarakat maka insinerator akan dicabut kembali.

BACA JUGA: 5 Sekolah Angker di Bandung Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

“Solusi urusan sampah jangka panjang (dengan) mengedukasi (masyarakat) sampah beres dilngkungan sendiri. Kemudian, insinerator bukan untuk permanen, saat kultur terbentuk, insinerator bisa dicabut,” ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, seusai acara rapat implementasi program Citarum di Bantaran Sungai Citarum, Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu (5/12/2018).

Ia menuturkan, pembelian insinerator dengan teknologi tinggi itu akan dilakukan pada anggaran 2019 mendatang di 50 titik. Oleh karena itu, pihaknya meminta bantuan Komandan Sektor Citarum Harum untuk mencari 50 titik lokasi tersebut.

“Dan sektor tolong cari 50 titik di mana dan upayakan lahan di BBWS supaya koordinasinya satu sama Kemen-PUPR,” katanya.

Dia mengatakan, terkait penanganan sedimentasi di DAS Citarum, pihaknya akan menganggarkan penambahan ekskavator minimal 10 unit buatan Pindad.

BACA JUGA: Setiap Hari 6 Kubik Sampah Dibersihkan dari Kali Gendong

Ia pun meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk terlebih dahulu melakukan rapat bersama dengannya membahas anggaran Rp 200 miliar yang akan digunakan untuk danau retensi di tujuh titik. []

SUMBER: REPUBLIKA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline