Pemprov Jatim Akan Tanggung Perbaikan Rumah Korban Gempa

0

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan menanggung perbaikan rumah warga yang rusak ringan, sedang, maupun berat di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, akibat gempa bumi yang terjadi Kamis (11/10/2018) dini hari.

BACA JUGA: Akibat Gempa M 6,4 Situbondo, 3 Orang di Sumenep Tewas

Dalam proses perbaikan rumah tersebut, prajurit TNI AD juga akan ikut membantu. Sementara korban yang terluka, biaya perawatannya bakal ditanggung Pemkab Sumenep. Pemerintah juga akan memberikan santunan atas meninggalnya 3 warga kepada pihak keluarganya.

Gubernur Jatim jamin seluruh kebutuhan korban

Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan, pihaknya menjamin seluruh kebutuhan para korban gempa di Pulau Sapudi. Rumah yang rusak akan menjadi tanggung jawab provinsi, sedangkan korban luka akan ditanggung Pemkab Sumenep.

“Jika pemkab tidak sanggup untuk menanggung biaya pengobatan para korban, Pemprov Jatim siap memberikan jaminan. Saya sudah tawarkan pada Bupati Sumenep, kata Pak Bupati terserah Pak Gubernur,” ucap Soekarwo, Kamis (11/10/2018).

BACA JUGA: Setelah Jawa timur, Gempa Guncangkan Papua Nugini Beberapa Jam Kemudian

Soekarwo menambahkan, pihaknya juga akan memberikan santunan pada keluarga yang menjadi korban meninggal akibat gempa. Tercatat ada tiga warga Sumenep yang meninggal akibat bencana gempa bumi karena tertimpa reruntuhan bangunan ketika tidur.

Saat ini tim sudah bergerak ke lokasi untuk membawa logistik. Proses perbaikan rumah warga yang rusak tersebut akan dibantu anggota TNI AD. []

SUMBER: OKEZONE

Kamu Sedang Offline