plastik bisa diminum
Foto: Dream

Pemuda Bali Berhasil Ciptakan Plastik yang Dapat Diminum, Ini Bentuknya

Sampah plastik, produk yang kebanyakan diketahui sebagai limbah yang sulit terurai puluhan tahun ini ternyata benar-benar bisa dimakan.  Yang lebih mengejutkan, plastik jenis ini ada di Indonesia.

Seorang pemuda asal Bali berhasil membuat plastik yang dapat dimakan. Pria bernama Kevin Kumala ini berhasil menciptakan inovasi kantong kresek berbahan dasar singkong.

Semua berawal ketika hatinya melihat laut Indonesia yang tercemar sampah plastik. Itu yang membuat penyuka surfing dan diving tak nyaman ketika melakukan hobinya itu.

“Setiap surfing dan diving, (saya merasa) laut tidak lagi indah. Kita sekarang berenang di air yang sudah banyak sampahnya,” ujar Kevin selaku Co-founder/Chief Green Officer Avani dalam acara Ideafest 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, lansir Dream, Jumat (6/10/17).

 plastik yang bisa diminum

Nama Kevin menjadi viral saat dia mengunggah video dimana ia melarutkan kantong kresek ciptaannya untuk kemudian diminum. Plastik tersebut ia larutkan dalam segelas air hangat. Tak perlu waktu lama, kantong kresek berhasil larut seketika di dalam air. Plastik ini menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya.

Bukan cuma plastik kresek, Kevin juga membuat alat makan berbahan dasar kayu, sterofoam berbahan dasar tebu, jas hujan berbahan dasar biji bunga matahari, hingga sedotan, gelas serta mangkuk berbahan dasar pati jagung.

Produk buatan Kevin diklaim mampu terurai dengan mudah di lingkungan. Nantinya, bahan yang terurai mampu menjadi kompos bagi tanah. Bahkan, produknya aman apabila terkonsumsi mahluk hidup.

Tidak mudah bagi Kevin dalam merealisasikan ide ini. Bahkan, berbagai komentar miring banyak dituturkan dari orang-orang terdekatnya.

“Banyak banget yang bilang gue gila, hopeless, dan terlalu idealistis. Tapi saya percaya, ini merupakan revolutionary breakthrough untuk menghapus plastic epidemic yang sedang terjadi di dunia. Termasuk Indonesia, yang merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia,” kata dia. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *