Unik, Informatif , Inspiratif

Peneliti Coba Jelaskan Kenapa Waktu Terasa Cepat Berlalu

0

ANDA pasti sering merasa waktu terasa begitu cepat berlalu. Padahal waktu sendiri tak pernah berubah, sehari 24 jam dan setiap orang puya jatah yang sama. Tapi kenapa setiap orang bisa merasakan waktu berbeda-beda. Ada yang merasa cepat ada pula yang merasa lambat. Mengapa demikian?

Para peneliti berusaha memecahkan misteri ini dan akhirnya menemukan kesimpulan bahwa otak berada di balik fenomena ini. Mereka memisalkan pada saat anak-anak, segalanya terasa baru bagi kita, sehingga otak menghasilkan jaringan yang padat untuk mengingat peristiwa dan pengalaman tersebut.

BACA JUGA: Ini Akibanya Jika Kita Tidak Mengefisienkan Waktu

Namun, seiring bertambah dewasanya seseorang, kita sudah lebih banyak melihat berbagai hal, sehingga tidak ada lagi merasa ada hal baru dalam memori.

Psikolog dari Maximilian University of Munich membuktikannya melalui penelitiannya kepada 499 partisipan. Marc Wittmann dan Sandra Lenhoff melaksanakan survei bagi mereka yang berumur antara 14 sampai 49 tahun, tentang pada fase mana mereka merasa waktu berjalan sangat lambat hingga sangat cepat.

Hasilnya, dalam durasi yang lebih pendek (mingguan, bulanan, bahkan tahunan), persepsi subyek terhadap waktu tidak tampak mengalami peningkatan seiring usia. Kebanyakan partisipan merasa waktu berjalan dengan cepatnya.

Meski demikian, untuk waktu yang lebih lama, misalnya dalam 10 tahun (1 dekade), muncul pola yang membuktikan orang-orang yang lebih tua cenderung memandang waktu bergerak lebih cepat.

BACA JUGA: Setelahnya, Rasulullah Tidak Dapatkan Waktu Shalat Kembali

Saat diminta untuk merefleksikan kehidupan mereka, partisipan yang lebih tua dari 40 tahun merasa waktu melaju dengan lambat di masa kanak-kanak mereka, namun kemudian mengalami percepatan ketika mereka menginjak usia remaja hingga masa dewasa awal. []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.