Unik, Informatif , Inspiratif

Peneliti Luar Negeri Ungkap Alasan Umur Pria Lebih Pendek daripada Wanita

0

Para peneliti luar negeri menemukan penyebab pria memiliki umur yang lebih pendek dari wanita.

Mereka percaya bahwa mutasi pada kromosom Y yang hanya ditemukan pada laki-laki menjadi penyebab akan hal itu.

Dalam setiap sel, kromosom mengandung hampir semua DNA dari suatu organisme dan sangat penting untuk reproduksi sel mamalia betina, termasuk manusia. Wanita memiliki dua kromosom X, sedangkan laki-laki memiliki X dan pasangan Y.

Dilansir Anadolu Agency pada sebuah laporan baru pada Selasa (21/5/16), kromosom Y sering mudah berubah sehingga bisa mempengaruhi usia orang. Perubahan atau mutasi ini dikenal sebagai hilangnya kromosom Y (LOY).

Menurut peneliti, sekitar 20 persen pria yang memiliki usia lebih dari 80 tahun memiliki LOY. Yang paling penting, mereka menemukan bahwa mutasi ini berkaitan dengan penyakit Alzheimer, kanker dan penyakit yang berpotensi mematikan lainnya.

Menurut data PBB, rata-rata umur pria hidup sampai usia 68,5 tahun, sementara perempuan hidup rata-rata mencapai 73,5 tahun.

LOY tidak dapat memberikan efek berarti pada wanita, namun para ilmuwan percaya bahwa mutasi ini mempengaruhi efek mematikan pada pria yang mati muda.

Penelitian ini diterbitkan dalam American Journal of Human Genetics oleh para peneliti dari Amerika Serikat, Kanada dan Eropa, dengan para ilmuwan di Universitas Uppsala di Swedia .

Tim internasional mengumpulkan data dari 3.200 pria berusia 37-96 yang tinggal di tiga wilayah.

“Sebagai faktor risiko tertentu pada laki-laki, LOY menyebabkan laki-laki mempunyai umur rata-rata lebih pendek daripada perempuan,” tulis tim dalam laporan itu.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada obat untuk LOY, karena hal itu merupakan mutasi genetik dan saat ini belum ada teknologi medis yang dapat membatalkan genetik seseorang.

Para ilmuwan yakin, tes LOY bisa membantu pasien mengetahui jika mereka berisiko terserang penyakit Alzheimer dan kanker. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.