Unik, Informatif , Inspiratif

Peneliti: Masyarakat Indonesia Kurang Tertarik Isu Internasional

0 21

Kepala Departemen Hubungan Internasional Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Shafiah Muhibat menjelaskan, masyarakat Indonesia minim ketertarikan atas isu internasional.

Shafiah menilai kondisi tersebut cenderung disebabkan oleh masyarakat Indonesia yang lebih suka memerhatikan isu yang berhubungan langsung dengan keseharian seperti kemiskinan, pendidikan, kesehatan ataupun lapangan pekerjaan.

BACA JUGA: Melanggar Hukum Internasional, Amerika Latin Didesak Palestina Tak Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

“Kalau soal politik luar negeri urusannya apa? Masyarakat punya kecenderungan tidak peduli dengan isu yang tidak terkait langsung dengan mereka,” kata Shafiah dalam diskusi CSIS di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Medsos tak bisa dijadikan alat bantu

Dia menambahkan, teknologi media sosial yang mempermudah masyarakat mengakses berita tidak serta-merta membuat masyarakat ingin mendalami isu kebijakan luar negeri ataupun masalah internasional.

BACA JUGA: Membangun Budaya Literasi Lewat Street Library Bandung

CSIS, sebagai lembaga peneliti soal kebijakan pemerintah, mengimbau tim kampanye dapat memunculkan isu kebijakan luar negeri dalam debat Pilpres 2019. Kata dia, isu tersebut dapat memberi pendidikan yang berbeda untuk masyarakat.

“Capres dan cawapres mau atau tidak menaikkan isu ini? Inisiasi mereka juga. Peran media juga penting karena bisa mengedukasi publik,” ujar Shafiah. []

SUMBER: ANADOLU INDONESIA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline