Kufic in Viking Cemetery (foto: hurriyetdailynews)

Peneliti Swedia Temukan Lafazh ‘Allah’ dan ‘Ali’ di Makam Era Viking

Peneliti Swedia telah menemukan lafzah Allah dan Ali di atas kuburan di kompleks pemakaman era bangsa Viking.

Muslim menggunakan lafazh “Allah” untuk Tuhan, sedangkan “Ali” adalah nama sepupu dan menantu Rasulullah, sekaligus khalifah keempat Islam. Sekte Alevi – nama sebuah sekte/aliran, yang sering mempraktikkan Islam liberal, dikenal dengan devosi (ritual) yang berlebihan kepada Ali.

“Viking bisa saja dipengaruhi oleh Islam dan gagasan tentang kehidupan kekal di surga setelah kematian,” ujar peneliti arkeologi tekstil Universitas Uppsala, Annika Larsson, lansir Anadolu Agency (06/10/2017).

Lafazh-lafazh dalam karakter Kufi dari naskah Arab kuno lain, ditemukan dalam kostum sutra di kuburan perahu dan juga di kuburan kamar di kota Birl yang bersejarah.

“Di dalam Al-Quran, tertulis bahwa penghuni surga akan mengenakan pakaian sutra, yang beserta tulisan-tulisan serta teksnya bisa menjelaskan akan kemunculan sutra di kuburan era Viking,” ujar Larsson sebelumnya.

Larsson pun menyebutkan, Karakter Kufi yang serupa juga ditemukan di mosaik di monumen pemakaman dan mausoleum, terutama di Asia Tengah.

Pada tahun 2015, periset Swedia di Universitas Stockholm juga menemukan sebuah cincin abad kesembilan di sebuah kuburan Viking dengan sebuah prasasti yang mengatakan “untuk Allah” atau “kepada Allah”/ Lillaah. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *