Ikan air tawar
Foto: Ikan air tawar (info ikan)

Peneliti Temukan Tujuh Spesies Baru Ikan Air Tawar di Indonesia

Ikan air tawar
Foto: Ikan air tawar (info ikan)

INSPIRADATA. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Tim Muséum national d’Histoire naturelle (MNHN) serta Institut de recherche pour le développement (IRD) Prancis, menemukan tujuh spesies baru ikan air tawar di Indonesia. Demikian disitat dari CNNIndonesia, Kamis (13/4/2017).

Menurut Renny Kurnia Hadiaty, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI yang terlibat langsung dalam kolaborasi penelitian mengatakan penelitian ini dilakukan selama empat tahun.

“Tujuh spesies baru ikan air tawar itu kami temukan di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Ketujuh spesies baru itu berpotensi sebagai ikan hias,” ujar Renny.

Ketujuh ikan  jenis terbaru ini adalah Oxyeleotris colasi Pouyaud, Lentipes ikeae, Lentipes mekonggaensis, Sicyopus rubicundus, Stiphodon annieae, Sicyopterus squamossisimus, dan Stiphodon aureofuscus.

“Ikan-ikan jenis baru ini tersebut memiliki warna yang cerah, tajam, dan cantik. Temuan ini tentu sangat penting untuk melengkapi data keanekaragaman hayati yang telah ada dan juga potensinya,” ujar Renny.

Menurut Renny, dengan mengetahui potensi spesies baru ini, maka peneliti dapat memberikan treatment yang tepat. Seperti apakah potensi ikan tersebut? untuk dikonsumsi, budidaya, atau sifat-sifat yang tidak memungkinkan ikan tersebut dilepaskan di ekosistem tertentu.

Renny berharap pelestarian jenis baru yang ditemukan bisa dilakukan dengan baik agar tidak dalam ancaman kepunahan. Lalu, eksplorasi terhadap jenis yang belum diketahui agar lebih ditingkatkan. “Jangan sampai ada jenis yang belum diketahui tapi punah lebih dulu,” tuturnya.

BACA JUGA:

Kursi Roda untuk Ikan yang Tak Bisa Berenang

Mengagumkan, Hiu Berjalan Ternyata Satwa Khas Indonesia
Ancaman kepunahan ini pun telah kentara di Sungai Ciliwung. Berdasarkan hasil penelitian, 92,5 persen spesies ikan air tawar di Ciliwung telah punah. Hal ini disebabkan oleh pencemaran yang terus terjadi. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *