Foto: Detik.com

Peneliti Ungkap kenapa Ular Piton Mangsa Manusia

Foto: Detik.com

Warga Mamuju, Sulawesi Barat dikejutkan dengan tewasnya seorang pria bernama Akbar (25) akibat ditelan ular piton. Kabarnya, ular piton tersebut memiliki panjang hingga 7 meter.

“Mungkin manusia menyerang ular sanca duluan. Ular hanya menyerang atau memangsa manusia kalau diganggu atau diserang,” kata peneliti reptil dari LIPI, Evi Ayu Arida, seperti dilansir detikcom, Rabu (29/3/17).

Ular piton tidak memangsa manusia, biasanya mereka memangsa tikus hutan dan terkadang burung sebagai makanannya untuk bertahan hidup. Seekor ular bisa mencapai usia 30 tahun.

Evi menjelaskan, hanya ular piton yang betina yang bersarang. Sedangkan yang jantan biasanya memiliki tempat persembunyian.

“Biasanya di tempat-tempat yang dekat sungai kecil, bisa juga di celah-celah dinding gua yang ada air di dalamnya,” ujarnya.

“Saya pernah lihat di sungai di Pulau Enggano, dia di dalam air menunggu mangsanya,” tuturnya.

Evi kemudian menerangkan bagaimana seharusnya sikap manusia ketika bertemu dengan seekor ular. Karena biasanya, anggapan awal manusia terhadap ular selalu buruk.

“Karena anggapan semua ular jahat, kaget, dan takut, orang berusaha menangkap untuk membunuh ular. Ketika itulah sebenarnya manusia mengganggu ular,” ucapnya. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *