terlalu banyak konsumsi gula
Foto: Best Health Magazine Canada

Penelitian: Gula Berlebih Ternyata Dapat Merangsang Pertumbuhan Tumor

Makanan gula sering dikaitkan dengan penyebab penyakit diabetes. Namun fakta lain tentang gula diungkapkan para ahli biologi dari Belgia.

Dikutip dari Aol.com, Rabu (1/11/17), penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications menyatakan bahwa gula dapat merangsang pertumbuhan tumor.

Sel non-kanker di dalam tubuh mendapatkan energi dengan repirasi anaerob, yaitu sebuah proses yang melibatkan pemecahan makanan dengan membutuhkan oksigen dan kemudian melepaskan karbondioksida. Sedangkan sel kanker mendapatkan energi dari fermentasi gula, atau dalam ilmu biologi disebut ‘efek Warburg’.

Penelitian yang dilakukan selama sembilan tahun ini mengamati fermentasi pada sel ragi. Mereka menemukan bahwa proses tersebut justru merangsang pertumbuhan tumor yang pada akhirnya menjadi sel kanker.

“Konsumsi gula hiperaktif dari sel kanker mengarah stimulasi lanjutan pengembangan dan pertumbuhan kanker,” kata salah satu peneliti yang juga seorang profesor biologi molekuler di Katholieke Universiteit Leuven Belgia, Johan Thevelein.

Para peneliti memperingatkan untuk membatasi konsumsi gula. Walau bukan menjadi penyebab utama dari pertumbuhan tumor dan kanker, konsumsi gula yang berlebih tetap membahayakan tubuh.

Selain membahayakan kesehatan tubuh, berlebihan mengonsumsi gula juga dapat memengaruhi kesehatan jiwa. Menurut peneliti dari University College London, konsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat menurunkan kadar ‘brain derived neurotrophic factor’ (BDNF), protein yang membantu perkembangan sel-sel otak. Penurunan kadar protein ini juga bisa memicu peradangan yang sering dikaitkan dengan gejala depresif.

Selain itu, konsumsi gula berlebih juga dapat mengganggu respons insulin dalam tubuh seseorang, yang berakibat pada gangguan hormonal serta mood. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *