Unik, Informatif , Inspiratif

Penelitian Ini Sebut Wanita Berjilbab Lebih Bisa Dipercaya

0

Sebuah penelitian dari dua universitas Kanada dan Inggris menjelaskan bahwa wanita yang mengenakan jilbab dipandang lebih positif ketika bersaksi di pengadilan daripada yang tidak.

“Bertolak belakang dengan prediksi kami, para peserta menilai penyataan para korban yang mengenakan pakaian Muslim lebih kredibel daripada mereka yang tidak mengenakan pakaian Muslim,” kata Meagan McCardle dari Memorial University, lansir aboutislam (5/2/2019).

BACA JUGA: Awas, Jangan Gagal Paham Ini Perbedaan Kerudung dan Jilbab

Selain itu, penelitian tersebut pun menyebutkan bahwa menutupi wajah sepenuhnya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peringkat kredibilitas.

Penelitian itu menggunakan empat video yang menampilkan seorang aktris yang ditunjukkan kepada 120 peserta.

Dua video menunjukkan wanita itu mengenakan niqab atau jilbab, yang ketiga menunjukkan dia mengenakan balaclava dan yang keempat di mana wajah dan rambutnya terbuka. Dalam setiap video, wanita itu difilmkan di kursi saksi memberikan kesaksiannya tentang kekerasan seksual yang diduga dia alami.

BACA JUGA: Ancaman bagi Wanita Berjilbab Punuk Unta

Peringkat kredibilitas tertinggi diberikan kepada wanita yang mengenakan niqab, diikuti oleh hijab, lalu balaclava dan terakhir wanita tanpa wajah atau penutup kepala yang dinilai paling kredibel.

“Temuan kami mengarah pada kesimpulan sementara bahwa apakah atau tidak seorang korban kekerasan seksual memilih untuk menutupi wajahnya saat bersaksi di pengadilan tampaknya tidak memiliki efek pada peringkat kredibilitas,” kata Profesor Brent Snook.[]

SUMBER: ABOUTISLAM | GOMUSLIM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline