Foto: alanrudnick

Penelitian: Millenial yang Jauh dari Ponsel Cenderung Stress

millenial, stress,ponsel
Millenial (Foto: alanrudnick)

INSPIRADATA. Millenial adalah sebutan bagi generasi muda usia 20-an zaman modern yang hidup dengan kecanggihan teknologi dalam kesehariannya, apalagi terhadap ponsel. Tapi, di balik manfaat ponsel, millenial justru malah tidak mudah lepas dari benda tersebut.

Pakar kesehatan Veronika Konok yang berasal dari Eotvos Lorand University melakukan sebuah penelitian yang melibatkan 87 partisipan dengan rentang usia 18 hingga 26 tahun.

Dalam penelitian ini, para partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Salah satu kelompok harus rela dipisahkan dari ponselnya dan kelompok lainnya tidak. Semua partisipan kemudian diminta untuk melakukan aktifitas di dalam satu ruangan di mana semua pergerakan dan denyut jantungnya diawasi oleh peneliti.

Hasil penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Computers in Human Behaviour ini menunjukkan fakta bahwa kelompok partisipan (millenial) yang melakukan aktifitas tanpa memegang ponselnya cenderung menunjukkan gejala stress.

Baca juga: Manajemen Stress dan Berat Segelas Air…

Hal ini didasari pada perubahan pada denyut jantungnya yang sangat signifikan dan cenderung sama dengan tanda-tanda dari perilaku stress. Menurut Veronika, gejala stress ini mirip dengan balita yang tidak bisa tidur tanpa selimut favoritnya.

Ponsel ternyata kini telah menjadi benda-benda tertentu yang bisa memberikan rasa keterikatan pada seseorang. Hal ini mirip dengan benda-benda layaknya mainan favorit anak-anak atau foto yang memberikan kenangan berarti pada seseorang.

Ponsel memang bisa memberikan banyak sekali hal-hal yang asyik dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita. Sayangnya, ketergantungan pada benda ini juga akan kurang baik bagi kesehatan kita karena bisa memicu gangguan tidur, kecemasan berlebihan saat menggunakan media sosial, dan juga berbagai efek buruk lainnya.

 Sumber: Doktersehat

Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *