Larry Tesler, Penemu Cut, Copy dan Paste, Tutup Usia
Unik, Informatif , Inspiratif

Penemu Cut, Copy dan Paste, Tutup Usia

0

Larry Tesler, ilmuwan komputer yang merupakan penemu fitur cut, copy dan paste, tutup usia pada Senin (17/1/2020). 

Dilansir dari Gizmodo, Pria yang memulai karirnya di perusahan Xerox PARC (Palo Alto Research) menemukan kemampuan pengolahan teks cut, copy, dan paste di tahun 1974. Xerox PARC merupakan perusahaan kommputer berbasis di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Anda Suka Me-Refresh Komputer Berkali-kali, Hah, Ga Perlu?

Fitur temuan Tesler yakni ‘cut, copy dan paste’ sendiri baru dikenal pada tahun 1980 ketika Tesler pindah ke Apple. Fitur ini dikenal luas lewat Apple Macintosh.

Dikutip dari Cult of Mac, kantor Apple dan Xerox saat itu hanya berjarak beberapa langkah. Tesler mengatakan bahwa untuk berdiskusi dengan Steve Jobs, pemilik Apple, sangat mudah. Sementara berbicara dengan petinggi perusahaannya butuh waktu hingga beberapa bulan. Hal ini yang membuat Tesler akhirnya memilih pindah dan bekerja sama dengan Apple.

Tesler juga dilaporkan menjadi sosok penting dalam pengembangan mouse-drive graphical user. Teknologi ini kemudian dikenal sebagai penggunaan pointer dan ikon aplikasi di komputer.

Di tahun tersebut Apple memang sedang mengembangkan komputer yang bisa menggunakan sebuah mouse, yaitu Macintosh. Di Apple, Tesler pernah menjabat posisi penting yaitu Chief Scientist atau kepala ilmuwan Apple yang pernah diisi oleh rekan Steve Jobs yaitu Steve Wozniak.

Di tahun 1997, Tesler mundur dari Apple dan mendirikan perusahaan bernama Stagecast Software. Di sini dia mengembangkan aplikasi untuk anak-anak mempelajari pemrograman. Di 2001 dia bergabung dengan Amazon dan menjadi Vice President of Shopping Experience.

BACA JUGA: 3 Mitos Menyesatkan Dunia Komputer

Tesler juga sempat bergabung dengan Yahoo di tahun 2005 bertanggung jawab untuk mengembangkan tim desain dan user experience layanan situs tersebut.

Tesler wafat dengan meninggalkan banyak kontribusi kepada dunia teknologi komputasi. Artinya, dia ikut terlibat dalam pengembangan komputer hingga saat ini. Kendati namanya tak setenar Steve jobb atau Bill Gates, jasa Tesler juga telah memberikan kontribusi terhadap cara orang menggunakan komputer agar semakin mudah. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.