Unik, Informatif , Inspiratif

Pengaruh Medsos terhadap Peradaban Islam: Tiga Kesimpulan

0

Antropolog Belanda, Bart Barendregt menyebutkan bahwa Asia Tenggara tengah memiliki peradaban Islam yang berkembang pesat.

BACA JUGA: Mereka, Ilmuwan Barat yang Akui Andil Peradaban Islam

Tak hanya itu, Bart juga memiliki tiga kesimpulan besar yang disampaikan, di antaranya, pertama, teknologi saat ini banyak dimanfaatkan untuk menunjukkan kesalihan atau kepribadian agamis seseorang.

Kedua, modernisasi Islam berpengaruh besar kepada peradaban Islam di media sosial.

Ketiga, fenomena Islam di media sosial tidak selamanya positif, “Artinya, tergantung kepada sikap seseorang itu sendiri,” tandas dia.

Penelitian “pengaruh medsos terhadap peradaban Islam” lain

Bart mengharapkan agar penjelasannya menjadi bahan penelitian lain bagi mahasiswa agar mengangkat tema pengaruh media sosial terhadap peradaban Islam, terutama, yang bisa dituangkan ke tugas-tugas skripsi.

“Muncul fenomena hijab, hijrah di media sosial selama ini, media sosial bisa dimanfaatkan sebagai alat dakwah seperti mengajak orang lain untuk membaca Alquran, dan banyak aplikasi sudah berbasis Islam,” papar dia.

BACA JUGA: Sejarah Kopi, dari Islam untuk Peradaban Dunia

Bart menyarankan jika ingin melakukan penelitian tentang Islam, agar tidak mengangkat tema Islam yang berbau politik. “Angkat topik kehidupan sehari-hari lebih baik,” tutupnya. []

SUMBER: REPUBLIKA| GOMUSLIM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.