Penggunaan GPS Cenderung Tumpulkan Otak

GPS
GPS (foto: autoblog)

INSPIRADATA. Seorang yang menuju suatu tempat dengan mengemudikan kendaraan, ada yang menggunakan alat GPS dan dengan cara kovensional saja. Kedua cara tersebut, tentu saja membuat pengemudi sampai di tujuan, tapi salah satu cara yang digunakan, ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University College London (UCL), menemukan dua area di bagian otak, yang berhubungan dengan arah jalan di wilayah hippocampus dan terkait pengambilan keputusan pada bagian prefrontal cortex, yang bekerja ketika pengendara salah jalan atau ketika melihat beberapa jalan yang harus dipilih sepanjang rute perjalanan mereka.

Para peneliti coba mengamati otak dari 24 sukarelawan yang dijadikan bahan uji coba, dengan melakukan simulasi berkendara. Beberapa menggunakan rute yang sudah disiapkan (Pengemudi 1) dan sisanya tidak (Pengemudi 2).

BACA JUGA
Studi: Penggunaan GPS Mematikan Kinerja Otak
Awas, Jangan Unggah 9 Hal Ini ke Medsos!

Pada “Pengemudi 1” tidak tampak ada aktivitas tambahan di otak mereka, sementara “Pengemudi 2”, menunjukkan kepekaan terhadap kekusutan jaringan jalan London, dan membuat otak bekerja, seperti mulai merencanakan, memutuskan, dan menuai hasil dari penemuan mereka.

Profesor dari UCL of Experimental Psychology, Hugo Spiers mengatakan, pada penelitian sebelumnya di 2011, yang dilakukan pada driver taksi pasca tes mengemudi, di mana mereka harus menghafal seluruh kota, area hippocampus di otak mereka membesar. Sementara pengemudi lain di luar itu tidak, dan itu bisa menghilangkan “tuntutan tinggi” pada bagian-bagian otak (melemahkannya).

Spiers melanjutkan, hasil penelitiannya cocok dengan deskripsi hippocampus yang mensimulasikan perjalanan di jalur yang mungkin dilalui di masa depan, sedangkan prefrontal cortex, membantu kita untuk merencanakan mana yang akan membawa kita ke tujuan.

“Ketika kita memiliki teknologi yang memberitahu kita kemana harus pergi, bagian-bagian dari otak kemudian tidak akan merespon jaringan jalan. Artinya bahwa itu akan mematikan otak dari sesuatu yang menarik dari jalan-jalan di sekitar kita,” ujar Spiers.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *