Foto: Cendana News

Pengungsi Tsunami di Lampung Selatan Sudah Mulai Kembali ke Pulau Sabesi

Ratusan pengungsi dari Lapangan Tenis Indoor, Kota Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan sudah mulai kembali ke rumahnya di Pulau Sabesi.

“Iya, warga Pulau Sebesi banyak yang pulang, ada sekitar 250 jiwa sudah pulang,” kata Pelaksana Tugas Kepala Desa Pulau Sebesi Sugeng, Ahad (6/1/2018).

BACA JUGA: Peningkatan Aktivitas Gunung Anak Krakatau, Warga Pulau Sabesi Dievakuasi

Sugeng mengatakan, alasan warganya pulang karena jenuh hampir dua pekan tinggal di pengungsian. “Alasanya mereka tidak betah di tempat pengungsian, terus mereka punya kebun di sana, ada hasil bumi yang mau mereka jual,” ujar Sugeng.

Sugeng menyebutkan, warganya pulang mulai Sabtu (5/1) dan Ahad ini. Mengenai kekhawatiran bahaya dari aktivitas Gunung Anak Krakatau, warga yang pulang menilai kepulangan mereka aman.

“Yang di indoor mulai hari ini, mereka memaksakan pulang sendiri. Ini kemauan sendiri, kami hanya memfasilitasi. Bingung mereka itu, karena biasa bekerja di kebun,” katanya.

BACA JUGA: Saat Korban Tsunami Selat Sunda Harus Bayar RS hingga Belasan Juta (1)

Dia menyatakan, kepulangan warga Pulau Sebesi ke kampungnya difasilitasi Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Dari indoor pengungsi diberi tumpangan kendaraan ke Dermaga Canti. Dari Dermaga Canti diberi tumpangan kapal ke Pulau Sebesi.

Saat ini, kata Sugeng, jumlah pengungsi yang masih bertahan di Lapangan Tenis Indoor sebanyak 700 orang. Tiga hari yang lalu, sejumlah pengungsi Pulau Sebesi dan anak-anaknya saat diwawancarai menyatakan bosan berlama-lama di tempat pengungsian karena hanya tidur dan duduk-duduk saja.

Sumber : antara


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *