Unik, Informatif , Inspiratif

Pentingnya Aljabar dari Masa Golden Age Islam ke Dunia Modern

0

Aljabar merupakan salah satu kontribusi paling penting dari masa ‘Golden Age’ Islam ke dunia modern. Aljabar ini dikembangkan oleh ilmuwan besar dan matematikawan, Muhammad bin Musa al-Khawarizmi, yang tinggal 780-850 di Persia dan Irak.

Pada buku monumentalnya, Al-Kitab al-Mukhtasar fi hisab al-jabr wa-l-muqabala (English: The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing)), ia membentuk prinsip-prinsip dasar persamaan aljabar.

BACA JUGA: Warisan Ilmuwan Muslim yang Bermanfaat Bagi Dunia

Dalam nama buku tersebut mengandung kata “al-jabr”, yang berarti “selesai”, dari mana kata latin aljabar berasal.

Buku tersebut pun menyimpan penjelasan penulis bagaimana menggunakan persamaan aljabar dengan variabel yang tidak diketahui untuk memecahkan masalah dunia nyata seperti perhitungan zakat dan pembagian warisan.

Aspek unik dari alasannya untuk mengembangkan aljabar adalah keinginan untuk membuat perhitungan yang diamanatkan oleh hukum Islam agar lebih mudah untuk menyelesaikan persoalan di dunia tanpa kalkulator dan komputer.

BACA JUGA: Al-Khawarizmi, Penemu Aljabar, Diakui oleh Barat

Buku al-Khawarizimi ini diterjemahkan ke dalam bahasa Latin di Eropa pada 1000-an dan 1100-an, di mana ia dikenal sebagai Algoritmi (kata algoritma berdasarkan nama dan karya matematika).

Tanpa karya al-Khawarizimi dalam mengembangkan aljabar, aplikasi praktis modern matematika, seperti teknik, tidak akan mungkin terealisasi. Karya-karyanya tersebut digunakan sebagai buku pelajaran matematika di universitas-universitas Eropa selama ratusan tahun setelah kematiannya. []

SUMBER: LOST ISLAMIC STORY


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline