Perampingan, Mendikbud Pangkas Rp 3 Triliun Dana Perjalanan Dinas

JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu) melakukan perampingan di berbagai sector yang ada.

Sejumlah dana alokasi anggaran di Kemendibud pun dipangkas tahun ini.

“Saya sudah melaporkan pada beliau tentang perampingan di beberapa subsektor Kemendikbud yang kita alihkan fungsinya ke pendanaan program-program prioritas. Terutama misalnya perjalanan dinas, kemudian juga kegiatan-kegiatan penunjang itu kita rampingkan, alihkan ke program-program prioritas termasuk pembenahan infrastruktur di sekolah-sekolah,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Muhadjir menjelaskan, perjalanan dinas menjadi salah satu pos yang cukup banyak dipangkas.

Perjalanan dinas yang dilakukan bukan karena setiap pejabat Kemendikbud ke luar kota, tapi kegiatan penunjang yang berefek pada pengeluaran dana perjalanan dinas.

Dari anggaran Rp 39 triliun, Kemendikbud sudah memangkas Rp 5 triliun. Khusus untuk perjalanan dinas dari anggaran Rp 7 triliun lebih, berhasil dipangkas Rp 3 triliun lebih.

“Misalnya penataran guru, itu semua guru yang ditatar itu diundang itu kan dapat SPJ, uang perjalanan dinas. Karena penatarannya kita hapus, otomatis uang perjalanan dinasnya bisa susut,” pungkas Muhadjir Effendy dilansir Liputan6. []


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *