tungku perapian
Foto: Kompas

Perapian di Bar Ini Sudah Menyala Sejak 172 Tahun Lalu, Ini Alasannya

Sebuah tungku perapian yang berada di sebuah bar, sekaligus penginapan Warren House di Inggris sudah menyala sejak 172 tahun silam.

Sejak pertama kali dibuka pada tahun 1845, tungku perapian di Bar yang terletak di antara desa Postbridge dan Lettaford di taman nasional Dartmoor ini tidak pernah padam.

Seperti tungku perapian zaman dahulu lainnya, bahan bakar tungku di bar ini juga masih menggunakan kayu.

Setiap pagi, tugas Peter Parson, pemilik bar, adalah membersihkan abu dari dalam tungku dan mengisinya dengan kayu bakar baru sehingga api tetap menyala. Perapian juga dibiarkan tetap menyala meskipunsaat musim panas.

Pria yang kini berusia 61 tahun itu telah menjalankan usahanya bersama istrinya Janet.

Untuk memasok kayu bakar setiap bulannya, dia mengaku membutuhkan hingga tiga mobil van penuh.

Peter mengisahkan, di masa lalu bar itu menjadi tempat yang penting bagi para penambang timah untuk menghangatkan diri sepanjang hari.

“Sebelumnya ada bar di seberang jalan, namun kemudian terbakar dan bar ini dibangun untuk melayani para penambang yang bekerja di desa terdekat,” kata Peter dikutip Express.co.uk.

Peter juga menambahkan, bar miliknya tersebut kerap menjadi tempat yang dituju para penambang, maupun warga lainnya untuk mendapat kehangatan. Di sana mereka berkumpul dan makan-makan, atau bahan sesekali berjudi.

“Dulu yang digunakan untuk menyalakan perapian bukan kayu bakar tetapi gambut,” ujar dia.

“Saat ini tungku menyala sepanjang hari, siang dan malam tanpa mengenal waktu agar selalu bisa menghangatkan orang yang datang,” kata Peter.

“Memang bukan api besar yang menyala membara, namun api itu selalu ada,” ujarnya lagi. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *