Inspirasi dan Data

Perbaiki Daya Ingat Hingga Lawan Kanker, Ini 6 Manfaat Kopi

0

Kopi kerap dijadikan minuman untuk mengusir rasa kantuk. Selain itu, kopi juga memiliki manfaat tak terduga lainnya. Minuman yang agak sedikit pahit ini mempunyai banyak penggemar. Bagi pecinta kopi, mengetahui dampak baik kopi lebih baik daripada mengetahui dampak buruknya.

Berikut 5 manfaat menakjubkan kopi yang bisa Anda dapatkan, dikutip dari Kompas.com.

1. Mempercepat pemulihan
Riset tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Strenght Conditioning and Research menemukan bahwa nyeri otot akan berkurang secara signifikan setelah latihan kekuatan pada peserta yang meminum kopi satu jam sebelum latihan angkat beban.

2. Memperbaiki daya ingat
Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa kopi dapat membantu melakukan semua hal tersebut. Peneliti dari Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein meningkatkan kemampuan otak untuk menciptakan ingatan jangka panjang.

Mengkonsumsi 200mg atau satu cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan kemampuan otak untuk merekam dan mengingat banyak hal.

3. Melawan kanker
Sebelumnya, kopi diduga sebagai zat karsinogen. Namun, pendapat tersebut dibantah oleh The World Health Organization yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kopi dengan penyebab kanker.

Faktanya, setelah meninjau lebih dari 1000 riset, organisasi kesehatan dunia tersebut menemukan kesimpulan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 15 persen.

4. Membakar lemak
Studi pada tahun 2013 yang diterbitkan oleh Nutrition and Metabolism menemukan fakta bahwa mengkonsumsi kafein sebelum aktivitas fisik dapat membangkitkan energi tubuh lewat pembakaran lemak.

Sebelum berolah raga, minumlah secangkir kopi dan lakukanlah gerakan yang berfokus pada pembakaran lemak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Meningkatkan daya tahan
Para atlet selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik dan memecahkan rekor. Dua studi pada tahun 2013 menemukan bahwa kopi dapat membantu seseorang beraktivitas lebih kuat dan lebih lama.

Penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan fakta bahwa atlet triathlon yang minum kopi sebelum perlombaan bisa berpacu 5 persen lebih cepat.

Sedangkan penelitian dari University of Rhode Island menemukan bahwa atllet yang ngopi sebelum berlatih dapat melakukan lebih banyak repetisi dibandingkan mereka yang tidak mengkomsumsinya. []

loading...
loading...
Comments
Loading...