perbedaan, Perbedaan dalam Mendidik Anak Perempuan dan Laki-Laki
Unik, Informatif , Inspiratif

Perbedaan dalam Mendidik Anak Perempuan dan Laki-Laki

0

Pasti pernah mendengar ucapan orang tua bahwa mengasuh dua anak laki-laki itu lebih sulit daripada banyak anak perempuan. Kegiatan sehari-hari anak laki-laki bersaudara itu kalau tidak bertengkar, pasti membuat kekacauan.

Namun, di balik itu memang ada banyak perbedaan antara mendidik anak laki-laki dan perempuan. Maka perlunya mengenali beberapa perbedaan yang harus diterapkan saat mendidik anak.

1.  Komunikasi

Rasa gengsi anak laki-laki ternyata elbih besar lho bunda. Inilah penyebab jika anak laki-laki sulit mengungkapkan rasa sayang lewat lisan kepada orangtuanya.

BACA JUGA: Ayo Belajar Mendidik Anak Balita dengan Parenting Islami

Anak perempuan lebih berorientasi pada sinyal nonverbal, seperti ekspresi dan nada suara. Sedangkan anak laki-laki menjadi memiliki lebih banyak kesulitan untuk menyatakan perasan dengan kata-kata.

Untuk menyiasati ini, coba bangun komunikasi terbuka dengan anak. Hal ini membuat mereka lebih mudah menyampaikan pendapat dan berbagi cerita pada kita nantinya.

2.  Aurat

Sedari kecil anak harus mulai diajarkan perbedaan aurat laki-laki dan perempuan. Jelaskan pada mereka jika tidak semua orang boleh menyentuhnya di beberapa bagian tubuh. Pentingnya anak mengetahui sejak dini dalam hal menjaga organ vital.

Bunda ataupun ayah jangan sampaui lengah dengan orang-orang yang berada di sekitar anak karena penelitian menunjukkan kejahatan seksual biasanya dilakukan oleh orang-orang terdekat.

3.  Keamanan fisik

Fakta mengatakan jika laki-laki lebihsenang bergerak dibandingkan berbicara. Maka, perlunya kedekatan dengan sang ayah untuk bermain fisik, tapi bukan hal yang negatife ya. Inat juga, mereka harus dibiasakan untuk menghargai lawan jenis sehingga anak tidak tumbuh menjadi orang yang ringan tangan (re : gampang memukul) nantinya.

Untuk anak perempuan harus didorong untuk lebih aktif. Sehingga karakternya sudah terbentuk dan tidak tumbuh menjadi gadis yang manja dan lemah saat dewasa nanti.

4.  Penghargaan terhadap diri sendiri

Pentingnya memberi pujian pada anak. Tetapi anak perempuan cenderung tumbuh kurang percaya diri dan lebih aman daripada laki-laki.

Namun jangan biarkan anak jadi haus akan pujian.

5.  Disiplin

Jangan biasakan menggunakan kata nakal atau bandel pada anak yang terlalu aktif.

BACA JUGA: 5 Cara Mendidik Anak agar Mau Shalat Lima Waktu

Menerapkan kedisiplinan pada anak laki-laki membutuhkan usaha ekstra karena mereka cenderung tidak peduli dan tidak mendengarkan apa yang orang tuanya katakan. Ternyata hal ini dipengaruhi oleh sensitivitas pendengaran mereka yang jauh lebih rendah dibandingkan anak perempuan.

Sedangkan anak perempuan cenderung memberikan respon yang lebih baik terhadap pujian atau peringatan orang tua yang mengisyaratkan kedisiplinan. Hal ini disebabkan anak perempuan lebih sensitif dan pusat-pusat verbal dalam otaknya berkembang lebih cepat.

Sekalipun menerapkan kedisiplinan lebih mudah pada anak perempuan, patut diingat bahwa menerapkan banyak aturan bisa membuat mereka terkekang bahkan dampak buruknya mereka bisa membangkang dan melawan orang tuanya.  []

SUMBER: UMMI ONLINE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.