Unik, Informatif , Inspiratif

Perdebatan para Sahabat: Siapakah Penghuni Surga Terbanyak, Laki-Laki atau Wanita?

0

Pada masa para sahabat masih hidup, kaum laki-laki dan wanita telah berdebat tentang siapakah di antara mereka yang paling banyak masuk surga. Dalam ShahîMuslim diriwayatkan dari Ibnu Sirin, ia menceritakan, “Para lelaki dan wanita berdebat tentang siapakah di antara mereka yang paling banyak di surga.”

Dalam riwayat lain: “Kadang mereka berdebat dan kadang saling berdialog: apakah laki-laki atau wanita yang paling banyak di surga?”

Selanjutnya, mereka pun bertanya kepada Abu Hurairah lalu Abu Hurairah memberikan dalil bahwa wanita itu lebih banyak di surga, berdasarkan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam:

أَوَّلُ زُمْرَةٍ تَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ القَمَرِ لَيْلَةَ البَدْرِ، وَالَّتِى تَلِيْهَا عَلَى أَضْوَأِ  كَوْكَبٍ دُرِّيٍّ فِى السَّمَاءِ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ اِثْنَتَانِ، يُرَى مُخُّ سُوْقِهِمَا مِنْ وَرَاءِ اللَّحْمِ وَمَا فِى الْجَنَّة أَعْزَبُ

“Kelompok pertama yang masuk surga itu memiliki wajah seperti bulan pada malam purnama. Rombongan berikutnya seperti bintang paling terang yang berkilau di atas langit. Setiap orang memiliki dua istri, yang sumsum tulang betisnya tampak dari balik daging. Di surga itu tidak ada orang yang tidak beristri.” (HR. Muslim)

Makna hadis di atas sangat jelas menunjukkan bahwa wanita di surga itu lebih banyak daripada laki-laki.

Sebagian ulama mengemukakan bahwa laki-laki lebih banyak di surga, dengan dalil hadis: “Aku melihat kalian (wanita) adalah yang terbanyak di dalam neraka.

Jawabannya adalah bahwa keberadaan kaum wanita sebagai yang terbanyak di antara penduduk neraka itu tidak serta-merta berarti mereka adalah yang paling sedikit di antara penduduk surga sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani. (Fathul Bari, 6/325)

Karena itu, sintesis (penggabungan) dari kedua hadis adalah bahwa kaum wanita merupakan penduduk neraka yang terbanyak juga merupakan penduduk surga yang terbanyak.

Dengan demikian, di alam ini, kaum wanita itu lebih banyak daripada laki-laki.

Bisa juga dikatakan bahwa hadis riwayat Abu Hurairah di atas menunjukkan bahwa jenis wanita di surga itu lebih banyak, baik dari kalangan wanita dunia maupun dari kalangan bidadari.

Pertanyaannya sekarang adalah siapakah di antara mereka yang lebih banyak: laki-laki ataukah wanita penduduk dunia?

Al-Qurthubi menggabungkan kedua nash dengan menafsirkan bahwa wanita adalah penduduk neraka yang terbanyak sebelum datangnya syafaat dan keluarnya orang-orang beriman yang durhaka dari neraka.

Setelah mereka keluar dari neraka atas syafaat para pemberi syafaat dan atas rahmat dari Tuhan yang Maha Pengasih, mereka pun menjadi yang terbanyak di antara penduduk surga. (Lihat: At-Tadzkirah, al-Qurthubi, hlm. 475)

Tentang sedikitnya jumlah wanita di surga itu ditunjukkan oleh hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Ya’la dari ‘Amr ibn ‘Ash r.a.,ia menceritakan,

بَيْنَمَا نَحْنُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى هَذَا الشَّعْبِ إِذْ قَالَ: اُنْظُرُوْا هَلْ تَرَوْنَ شَيْئًا؟ فَقُلْنَا: نَرَى غِرْبَانًا فِيْهَا غُرَابٌ أَعْصَمُ، أَحْمَرُ الْمِنْقَارِ وَالرِّجْلَيْنِ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَايَدْخُلُ الْجَنَّةَ مِنَ النِّسَاءِ إِلاَّ مَنْ كَانَ مِنْهُنَّ مِثْلَ هَذَا الْغُرَابِ فِى الْغِرْبَانِ

“Ketika kami sedang bersama Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam  di jalan ini, tiba-tiba beliau bertanya: ‘Lihatlah, apakah kalian melihat sesuatu?’ Kami menjawab: ‘Kami melihat kawanan burung gagak yang di antaranya adalah seekor gagak tuli, paruh dan kedua kakinya merah.’ Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:‘Tidak akan masuk surga dari kalangan wanita, kecuali seseorang di antara mereka yang seperti burung gagak ini di antara kawanan burung gagak yang lain’.” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la)

Wallahu a’lam bishawab. []

 

 

Sumber: Surga dan Neraka | Karya: Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.