Foto: Duniaku

Peretasan Laman Telkomsel, Menkominfo: Tetap Perhatikan Keluhan Peretas

Foto: Duniaku

Telkomsel merupakan salah satu penyedia layanan internet terbesar di Indonesia. Telkomsel dengan segala kelebihan dan kekurangannya dalam penyediaan paket internet dinilai kurang memuaskan. Tarif internet Telkomsel dinilai mahal bagi sebagian orang, termasuk hacker ini yang melampiaskan keluhan mahalnya tarif internet Telkomsel dengan meretas situs utamanya.

Peretasan laman itu terjadi pada Jumat (28/4/2017), terlihat dari halaman depannya yang ditulisi keluhan tentang mahalnya tarif internet Telkomsel. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, memberi tanggapan akan hal ini, ia menilai itu pertanda pentingnya keamanan siber.

Ia juga meminta Telkomsel untuk memperhatikan keluhan yang disampaikan peretas tersebut.

“Memang terlepas itu substansinya (keamanan siber), ini menunjukkan sebetulnya concern stakeholders akan adanya jaringan internet yang tentunya lebih affordable, harganya lebih terjangkau oleh masyarakat secara umum,” kata Rudiantara di Istana Wakil Presiden seperti dilansir republika.co.id.

Namun, Rudiantara menambahkan bahwa hukum ada harga, ada kualitas juga berlaku dalam bisnis telekomunikasi.

“Jangan selalu berpikir, istilah saya layanan yang mendekati gratis, kalau layanan yang mendekati gratis nanti operator memelihara jaringannya bagaimana,” kata dia.

Dia berpendapat, peretasan laman Telkomsel ini harus dianggap penting. Kejadian ini dapat menjadi pelajaran akan pentingnya keamanan siber atau cyber security.

“Jadi kalau diibaratkan kantor, ini hanya di depannya ajalah yang penting tidak ke dalam dan ini juga mengingatkan kita semua betapa pentingnya aspek cyber security,” kata Rudiantara.

Menurut Menkominfo, pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah keamanan siber dengan merestrukturisasi organisasi yang telah ada menjadi badan siber nasional.

“Sekarang masih ditunggu perpresnya, itu yang kaitannya dengan konteks cyber security,” pungkas Rudiantara. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *