pesan
Foto: Tribun Solo

Perhatikan 5 Hal Ini, Saat akan Berkirim Pesan untuk Urusan Pekerjaan

Berkomunikasi melalui pesan sudah pasti dilakukan oleh setiap orang. Lebih lagi untuk urusan pekerjaan, sebab lebih efisien waktu.

Tapi sayangnya, kadang kita belum paham etika berkomunikasi di dunia pekerjaan. Ternyata, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bila berkomunikasi via pesan teks di dunia pekerjaan.

BACA JUGA: Sudah Malas Cari Pekerjaan? Coba Lakukan Hal Ini

1. Ucapkan Salam Pembuka yang Benar

Kalimat salam pembuka ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa mengucapkan salam, halo, atau yang lainnya. Ini menjadi tanda kalau kita menghormati klien atau rekan kerja yang kita ajak berkomunikasi.

2. Perkenalkan Diri Terlebih Dulu

Nah, ini untuk yang baru atau akan menjalin komunikasi pertama kali. Misak sebutkan nama, asal kita (dari kantor atau perusahaan apa), dan maksud tujuan kita secara singkat. Jika hal ini dilupakan, si penerima pesan bakal bingung dan mengabaikan pesan kita.

3. Pakai Bahasa yang Baik dan Benar

Jangan gunakan singkatan kata, apalagi Bahasa gaul saat membicarkan soal pekerjaan. Agar lebih profesional dan kesopanan. Gunkan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebab tidak menghabiskan waktu juga kan untuk melakukannya.

4. Ucapkan Berterima Kasih

BACA JUGA: Kucari Pekerjaan dari Satu Kota ke Kota Lain Sambil Gendong Ibu

Sekecil apapun kerjasama atau komukasi kita, mengucapkan terimakasih sangatlah perlu. Sebagai bentuk apresiasi kita padanya.

5. Komunikasi pada Hari Kerja atau Jam Kantor

Jangan pernah berkomunikasi masalah pekerjaan di hari libur. Sebab, itu bisa saja mengganggu jam istirahatnya. []

SUMBER: LIPUTAN 6


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *