Unik, Informatif , Inspiratif

Perhatikan, Hii, Ini Dia 5 Bahaya Merokok!

0

Merokok dapat membahayakan kesehatan, karena zat yang terkandung di dalam rokok dapat merusak hampir seluruh anggota tubuh. Merokok bukan hanya berbahaya bagi para perokok tetapi berbahaya juga bagi lingkungan sekitarnya, karena asap rokok yang tersebar ke udara sangatlah berbahaya.

Berikut ini bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita.

1. Kanker

Sekitar 90% kematian akibat kanker paru-paru pada pria serta 80% pada wanita. Resiko kematian karena faktor kanker paru-paru dapat 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan pada mereka yang bukan tidak merokok. Pada sebuah riset menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker paru-paru dibandingkan bukan perokok pada umumnya. Bahaya merokok juga dapat menyebabkan kanker kantung kencing, ginjal, faring, esopagus, rongga mulut, serviks, pita suara, pankreas, dan perut.

2. Gangguan pernafasan

Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko kematian karena penyakit paru-paru yang kronis sampai 10 kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok.

3. Gangguan janin

Kebiasaan merokok juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin yang terdapat dalam kandungan, termasuk kemandulan, keguguran, kematian janin, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta sindrom kematian mendadak bayi.

4. Penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, salah satu penyebabnya adalah merokok, karena dapat menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi seperti ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri, lemak dan plak memblok aliran darah serta dapat membuat penyempitan pembuluh darah.

Semakin banyak rokok yang telah dihisap dan semakin lama seseorang tersebut merokok, semakin besar pula kesempatan untuk mengembangkan penyakit jantung atau stroke.

5. Penyakit paru-paru

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit seperti pneumonia, emfisema, atau bronkitis kronis. Penyakit ini disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). []

Sumber : http://ayokesehatan.blogspot.com/2014/07/9-bahaya-merokok-yang-dapat-mengancam-kesehatan.html


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.