Unik, Informatif , Inspiratif

Perhatikan, Ini Adab Makan dan Minum dalam Islam

0

Islam mengenal adab dalam kehidupan sehari-hari. Adab yang dicontohkan oleh rasul hendaknya dipakai atau diaplikasikan dalam kehidupan.

Salah satu bentuk adab dalam islam adalah adab makan dan minum. Berikut adab makan dan minum beserta dalilnya,

Pertama, Makan-makanan dan minum-minuman yang halal

Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk makan dan minum yang halal. Allah telah menjelaskannya dalam QS.Al-Baqarah ayat 168, “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah msusuh yang nyata bagimu.

Kedua, Makan dan minum dengan tangan kanan

Rasulullah SAW bersabda, “Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).

Ketiga, Berdoa sebelum makan

Berdoa sebelum makan adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Keempat, Berdoa setelah makan

Rasul telah mengajarkan kita untuk berdoa sesudah makan, sebagaimana sabdanya, “alhamdulillaahi hamdan katsiiran thayyiban mubaarakan fiihi ghaira makfiyyin walaa muwadda’in walaa mustaghnan ‘anhu rabbanaa.”(Segala puji bagi Allah dengan puja-puji yang banyak dan penuh berkah, meski bukanlah puja-puji yang memadai dan mencukupi dan meski tidak dibutuhkan oleh Rabb kita.”) (HR. Bukhari)

Kelima, Tidak berlebihan

Makanlah makanan yang secukupnya

Allah berfirman: “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf [7]: 31).

Itulah beberapa adab makan dan minum yang perlu diketahui. Dan juga masih banyak adab dalam makan dan minum.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.