motor, Perhatikan, Ini Bahaya Sering Matikan Mesin Skutik Pakai Standar Samping
Unik, Informatif , Inspiratif

Perhatikan, Ini Bahaya Sering Matikan Mesin Skutik Pakai Standar Samping

0

SKUTER matik (skutik) kini menjadi primadona masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi harian. Mudah dikendarai, punya model stylish dan harganya yang relatif murah membuat skutik laris manis di pasaran. Selain mudah dikendarai, beberapa skutik juga mudah untuk dimatikan, yakni dengan menurunkan tungkai standar.

Namun Anda pemilik skutik perlu waspada dengan kebiasaan mematikan motor dengan cara menurunkan tungkai standar karena bisa berbahaya.

Selain cara tersebut tak begitu dianjurkan, mematikan mesin dengan cara menurunkan standar, membuat komponen kelistrikan di motor kaget, alias belum siap menerima pemutusan aliran listrik.

BACA JUGA: Doyan Touring Pakai Motor? 6 Komponen Ini Wajib Diperhatikan

Menurut pemilik bengkel Kings Motor di kawasan Jakasampurna, Bekasi Barat, Krisyanto mengatakan, menurunkan standar pada motor matik hanya membuat mesin berhenti, namun tak menjadikan instrumen lainnya mati seketika.

“Mematikan mesin pakai standar lebih simpel, makanya banyak yang melakukan. Padahal itu ‘haram’ buat motor (tidak boleh), soalnya itu (menghentikan mesin dengan standar) cuma bikin mesin mati, komponen lain kayak speedometer atau lampu gak seketika mati. Perlu waktu,” ujarnya, Senin (3/2/2020).

BACA JUGA: Pertama di Dunia, Ini Penampakan Motor Berbahan Bakar Tinja Buatan Jepang

Selain itu, menurut Krisyanto, kebiasaan buruk pengguna matik tersebut bisa merugikan komponen aki. Sebab, ketika mesin mati, aki tetap bekerja untuk mengalirkan daya ke perangkat lain yang masih menyala. Di situlah ‘keterkejutan’ itu terjadi.

Cara paling aman untuk mematikan skutik tak ada cara lain selain dengan memutar kunci ke kondisi off, agar seluruh komponen motor mati secara sempurna. []

SUMBER: 100KPJ


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.