, Perhatikan, Ini Hukum Menutup Aurat bagi Perempuan dalam Islam
Unik, Informatif , Inspiratif

Perhatikan, Ini Hukum Menutup Aurat bagi Perempuan dalam Islam

0

Aurat adalah bagian dari tubuh manusia baik itu laki laki dan perempuan yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain atau yang bukan mukhrim dengan menggunakan pakaian.

Terus apa saja batasan aurat perempuan yang wajib ditutupi? Menurut kitab Al Iqna yang disusun oleh Muhammad Al Khotib – ulama Syafi’iyah menjelaskan bahwa pengertian aurat bagi perempuan ialah seluruh bagian tubuh terkecuali wajah dan telapak tangannya (Perempuan). Hal ini sebagaimana Firman Allah SWT yang ada didalam Al Qur’an Surat An Nur ayat 31 dan menurut Surat An Nur Ayat 31 dalam Al Qur’an maka para Ulama sepakat bahwa wajah dan kedua telapak tangan bukanlah termasuk ke dalam aurat perempuan.

Menutup aurat bagi wanita didalam Islam adalah Wajib Hukumnya dan hal ini telah diperintahkan Allah SWT yang telah diterangkan didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 59 yang berbunyi, ” Hai Nabi, katakanlah kepada istri – istri kamu, anak – anak wanita kamu dan istri – istri Orang Mukmin (Islam) : ” Hendak lah mereka mengulurkan Jilbab-nya ke seluruh tubuh mereka ”. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal, karna itu Mereka tidak akan diganggu dan Allah SWT adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Al Ahzab, Ayat : 59) ”.

Related Posts
1

Islam pada Nabi Muhammad dan Nabi Sebelumnya, Ini Bedanya

Kemudian Firman Allah SWT tentang Perintah Menutup aurat bagi Perempuan Muslim juga telah dijelaskan pula didalam Surat An Nur Ayat 31 yang berbunyi, ” Dan Katakanlah kepada Wanita – Wanita yg beriman : Hendak-lah Mereka menahan Pandangan-nya dan memelihara kemaluan-nya dan jangan-lah mereka menampakkan perhiasan-nya kecuali yg biasa nampak dari padanya. Dan hendak-lah mereka menutupkan Jilbab (Khumur) nya ke dadanya (QS. An – Nur Ayat : 31)”.

Oleh sebab itu kita Laki – Laki Muslim untuk selalu mengingatkan Istri Kita, Saudara perempuan kita dan keluarga perempuan kita jika melihat ada yang belum bisa Menutup aurat secara benar dan janganlah kita mencaci, mencibir dan memarahi mereka karena daripada mencaci dan memarahi mereka, alangkah lebih baik jika kita nasehatin secara benar – benar dan sabar serta tak lupa kita mendoakan mereka agar mau untuk Menutup aurat dengan benar karena bagaimanapun itu sudah sebagai Kewajiban dan Tugas kita, apalagi jika terhadap istri kita sendiri.

Itu tadi adalah Hukum menutup aurat bagi perempuan, semoga bermanfaat. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.