Unik, Informatif , Inspiratif

Perhatikan Ini Sebelum Pakai Alat Makan Bahan Plastik dan Melamin!

0 38

Untuk mengindari risiko terjatuh lalu pecah, para orang tua bisanya menyediakan peralatan makan berbahan plastik atau melamin untuk anaknya.

Namun, tahukah Anda, penggunaan alat makan yang terbuat dari bahan plasik atau melamin tidak selamanya aman?

Alat makan dari kedua bahan ini bisa dikatakan aman jika telah memenuhi syarat dan batas keamanan tertentu, serta lolos uji dari Departemen Kesehatan.

BACA JUGA: 4 Tips Mencari Makanan Halal di Luar Negeri

Peralatan makan yang tidak lolos uji, bisa jadi mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh, dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit pada ginjal.

Untuk mengetahui alat makan yang Anda gunakan aman atau berbahaya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang petama, saat memilih alat makan berbahan melamin atau plastik, pastikan terdapat kode PP. Kode ini biasanya terdapat di bagian bawah produk. PP, atau Polyprophylene, merupakan bahan pembuat plastik dan melamin yang aman digunakan.

Selanjutnya, periksa juga, apakah peralatan yang akan Anda gunakan memiliki tanda BPA free/non BPA atau tidak. BPA merupakan kepanjangan dari Bisphenol-A, bahan kimia berbahaya yang menyerupai hormon estrogen versi kimiawi.

Ketika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, bahan ini dapat mengganggu sistem kerja kelenjar endokrin dalam tubuh, dan berpotensi menyebabkan penyimpangan pada metabolisme tubuh.

BACA JUGA: Alat Deteksi Kehalalan Makanan dan Minuman, Menjawab Kebutuhan Umat

Kondisi alat makan berbahan melamin atau plastik dengan kode-kode tersebut memang tak bisa dijamin aman sepenuhnya. Kuman dan bakteri sangat mungkin bersarang di dalamnya.

Untuk itu, pilihlah barang yang tidak cacat. Pilih pula barang yang berwarna jernih, dan tidak berawan. Produk melamin PP yang paling aman memiliki ciri-ciri lebih ringan, mengilap, jernih, kandungan plastiknya transparan, serta daya tembus uapnya rendah.

Yang terakhir, jangan gunakan alat makan berbahan melamin atau plastik dalam jangka waktu yang terlalu lama. Waktu yang aman menggunakan bahan melamin adalah sekitar 6 bulan.

BACA JUGA: 4 Makanan Penyebab Mimpi Buruk

Akan tetapi, jika sudah terdapat banyak goresan, sebaiknya segera ganti alat makan berbahan melamin ini agar makanan yang diletakkan di atasnya tidak terkontaminasi bakteri pathogen (penyebab penyakit) dan menyebabkan diare atau gangguan ginjal. []

REDAKTUR: MILA MUNAWWAROH | SUMBER: KOMPAS

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline