Unik, Informatif , Inspiratif

Perhatikan Ruangan Posisi Hadap, Kamar Tidur, dan Toilet kalau Mau Bangun Rumah

0

Islam mengatur berbagai aspek kehidupan manusia. Baik itu menyangkut ibadah maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Salah satunya adalah dalam membangun sebuah rumah atau tempat tinggal. Banyak umat muslim yang belum mengetahui bahwa islam memiliki aturan tersendiri untuk membangun tempat tinggal atau disebut rumah.

Sebuah rumah yang islami hendaklah sessuai dengan kriteria yang berlaku dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai ajaran islam. seseorang harus mengerti bahwa sebuah rumah direncanakan tata letaknya dan kemana arah rumah tersebut ditujukan, seperti :

1. Mempunyai ruangan yang memadai

Rumah tidaklah harus berukuran besar. Akan tetapi, rumah yang baik adalah sebuah rumah yang tertata ruangannya. Dan setidaknya memiliki ruangan yang layak untuk beribadah atau melaksanakan shalat. Misalnya ruang khusus untuk shalat seperti mushalla.

2. Terdapat ruangan transisi

Yang dimaksud dengan ruangan transisi adalah sebuah ruangan yang menghubungkan antara pintu masuk dengan bagian dalam rumah. Dalam islam, sebuah rumah yang baik hendaknya memiliki ruangan tersebut atau sering dikenal sebagai lobby. Hal ini bertujuan agar tamu yang masuk tidak langsung melihat aktivitas penghuninya.

3. Menjaga privasi

Sebuah rumah muslim hendaknya meiliki pembagian ruang yang dapat melindungi privasi penghuninya. Seperti contohnya kamar orang tua yang terpisah dengan kamar anak-anaknya dan anggota keluarga lainnya. Hal ini bertujuan agar tamu yang datang tidak melihat aktifitas dan melindungi aurat penghuninya.

4. Tidak bermegah-megahan

Hendaknya seorang muslim menghindari yang namanya bermegah-megahan dalam membangun rumahnya karena Allah SWT tidak menyukai perilaku berlebih-lebihan. Sebagai mana yang telah disebutkan oleh Allah SWT dalam firmannya: “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibar perbuatan itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).” (QS At Takaatsur : 1-8)

5. Terjaga kebersihannya

Sebagai rumah yang baik, tentunya sang pemilik adalah orang yang menjaga rumah nya dengan baik. Yakni dengan cara membershikan halaman rumah, dalam rumah, maupun kamar mandi. Karena tempat tinggal itu sering di jadikan tempat beribadah atau melaksanakan shalat.

Posisi yang harus diperhatikan dalam membangun tata leka sebuah ruangan

1. Posisi bangunan rumah

Memang tidak ada dalil pasti mengenai ke arah mana sebuah rumah harus dibangun. Namun, mengingat rumah seorang muslim harus bisa mengakomodasikan segala keperluan penghuninya. Termasuk untuk melakukan ibadah shalat maka sebaiknya posisi rumah menghadap ke arah kiblat.

2. Posisi tempat tidur

Posisi tempat tidur ini salah satu ruangan paling penting dalam sebuah rumah karena diruangan ini seorang muslim beristirahat dan melakukan aktivitas pribadi lainnya. Hindari untuk meletakkan tempat tidur atau memposisikan ruangan dimana kaki akan menghadap ke arah kiblat saat ia tertidur.

3. Posisi toilet

Toilet dan kamar mandi dalam rumah seorang muslim juga memiliki aturan tersendiri dalam pembangunannya. Seorang muslim harus mengetahui bahwa toilet sebagai tempat membuang hajat tidak boleh dibangun mengarah maupun membelakangi kiblat. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.