Unik, Informatif , Inspiratif

Perihal Kades Terlibat Penyelewengan Dana Desa, Mendes: Itu Hanya Kesalahan Administratif

0

PALEMBANG– Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Eko Putro angkat bicara perihal Beberapa kepala desa terlibat kasus korupsi dana desa selama pemerintahan Joko Widodo.

Eko sapaan akrabnya mengatakan, penyelewengan dana desa oleh kades sebagai kesalahan administrasi semata.

BACA JUGA: Upaya Kemenhub Atasi PNS Korupsi

“Kasus-kasus itu terjadi akibat kesalahan administratif saja, makanya kami adakan pendampingan. Kalau kita lihat tata kelolanya sudah jauh lebih baik dan banyak diakui oleh lembaga dunia,” kata Eko, pada Rabu (27/2/2019).

Kemudian, Eko menyebut membaiknya tata kelola dana desa sesuai dengan data penyerapan dana desa yang terus meningkat setiap tahunnya.

Selain itu, Eko menjelaskan, tingginya realisasi serapan penting karena pencairan dana desa dibagi dalam tiga tahap. Tahap berikutnya tidak akan bisa cair kalau laporan dan hasil audit tahap pertama tidak sesuai peruntukan.

“Kalau bisa mencapai serapan 99 persen artinya tata kelola di pemerintahan desa menggunakan dana desa sudah baik. Ini bisa kita lihat dalam 4 tahun terakhir dan terus mengalami peningkatan,” tandasnya.

BACA JUGA: KPK Telisik Korupsi Proyek Jalan di Bengkalis

Adapun beberapa kepala desa terlibat penyelewengan dana desa karena ada kesalahan administrasi. Namun tetap harus ada pendampingan agar tidak terulang kembali pada kepala desa lain. []

SUMBER: DETIKNEWS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline