Unik, Informatif , Inspiratif

Peringatan Maulid Nabi Bid’ah? Ini Penjelasan UAS

0 730

Ustaz Abdul Somad dalam ceramahnya menjelaskan hukum dan pendapat Ulama terkait pelaksanaan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

“Adapun yang menganggap peringatan ini bid’ah,” kata UAS, “Hanya sebagian kecil ulama Arab Saudi, kebanyakan dari ulama mendukung hal ini.”

BACA JUGA: Ustaz Abdul Somad: Bukan ‘Ummati.. Ummati, Ini yang Diucapkan Nabi di Akhir Hayatnya

Selain pendapat di atas, Ustaz Abdul Somad juga memaparkan pendapat dari Ibnu Taimiah.

Ibnu Taimiah yang menjelaskan, siapa mengagungkan hari lahir Nabi Muhammad SAW dan menjadikannya sebagai perayaan, maka ia mendapat balasan pahala besar karena kebaikan niatnya dan pengagungannya kepada Rasulullah SAW.

Pendapat lain yang juga dijelaskan Ustaz Abdul Somad berasal dari Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani.

“Hukum asal melaksanakan maulid adalah bid’ah, tidak terdapat dari seorangpun dari kalangan Salafushshalih dari tiga abad (pertama). Akan tetapi maulid itu juga mengandung banyak kebaikan dan sebaliknya.

BACA JUGA: Keistimewaan Syam: Negeri para Nabi

Siapa yang dalam melaksanakannya mencari kebaikan-kebaikan dan menghindari yang tidak baik, maka maulid itu adalah bid’ah hasanah,” begitulah pendapat Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani.

Ustaz Abdul Somad menambahkan, manfaat positif peringatan maulid Nabi Muhammad salah satunya adalah orang-orang akan bersilaturahmi satu sama lain []

 

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline