Unik, Informatif , Inspiratif

Peringatan Maulid Nabi Boleh, Ini Kata UAS

0 1.527

Ustaz Abdul Somad (UAS) memaparkan beberapa dalil mengenai dasar diperbolehkannya memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Yang pertama, Rasulullah SAW sendiri ternyata mengenang hari lahirnya.

BACA JUGA: Nabi Muhammad, Pebisnis Sukses yang Hidup Sederhana

Bukan setahun sekali, melainkan setiap pekan di hari Senin. Rasulullah SAW pernah ditanya mengapa melaksanakan puasa hari Senin.

Rasulullah SAW menjawab, “Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan [Alquran] kepadaku). (HR Muslim)

Adapun alasan lainnya merujuk pada penafsiran Rasulullah terhadap kalimat Ayyamillah dalam Qs Ibrahim [14]: 5 yang berbunyi, “Dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah.”

BACA JUGA: Quran Sebutkan Gunung Pelangi, Apakah Nabi Pernah ke Cina?

“Imam an-Nisa’i Abdullah bin Ahmad dalam Zawa’id al-Musnad, al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman dari Ubai bin Ka’ab meriwayatkan dari Rasulullah SAW bahwa Rasulullah SAW menafsirkan kalimat Ayyamillah sebagai nikmat-nikmat dan karunia Allah SWT.

Dengan demikian maka makna ayatnya adalah “Dan ingatkanlah mereka kepada nikmat-nikmat dan karunia Allah. Dan kelahiran Muhammad SAW adalah nikmat dan karunia terbesar yang harus diingat dan disyukuri.” []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline